2 Bidet Closet Menarik dengan Beragam Jenisnya

Bidet closet

Bidet closet merupakan elemen cukup penting pada kamar mandi, meskipun di Indonesia sendiri benda ini kurang populer. Benda ini umumnya digunakan di negara-negara di Eropa, China, Amerika dan beberapa negara lainnya. Jika dilihat sekilas memang menyerupai wastafel biasa namun memiliki fungsi yang berbeda.

Wastafel umumnya berfungsi sebagai tempat mencuci tangan, tempat mencuci muka dan bagian tubuh bagian atas lainnya, serta menggosok gigi. Wastafel cukup populer di Indonesia dan mudah ditemui di sebagian besar kamar mandi di Indonesia, baik kamar mandi di fasilitas umum maupun di rumah-rumah.

Sedangkan bidet closet jarang sekali ditemukan digunakan pada kamar mandi di rumah-rumah maupun fasilitas umum di Indonesia, kecuali di kamar mandi hotel. Benda ini berfungsi sebagai alat pembilas yang diperuntukkan untuk membersihkan area vital, jadi meskipun bentuknya menyerupai wastafel kegunaan cukup berbeda.

Mengenal Bidet Closet dan Jenis-jenisnya

Kebiasaan orang Indonesia setelah buang air kecil maupun besar, biasanya akan langsung dibilas dengan air secara langsung menggunakan gayung pada penggunaan closet jongkok. Sedangkan pada model closet duduk biasanya orang-orang menggunakan shower kecil, untuk membilas bagian vital setelah selesai buang air.

Sehingga penggunaan bidet closet atau yang disebut juga dengan istilah plumbing fixture ini tidak terlalu dibutuhkan bagi orang Indonesia. Secara umum ada dua jenis plumbing fixture atau bidet yang biasanya digunakan oleh masyarakatnya di luar negeri, yaitu tradisional dan modern. Berikut ini penjelasan selengkapnya:

1. Bidet Tradisional

Jika Anda melihat bidet toilet yang memiliki bentuk menyerupai wastafel kamar mandi, bisa jadi itu adalah jenis bidet tradisional. Bidet tradisional umumnya memiliki bentuk mirip wastafel yang terbuat dari material yang menyerupai keramik. Sebagian besar bidet diproduksi dengan menggunakan vitreous China, sehingga membuat tampilannya menyerupai wastafel atau closet.

Untuk cara pemasangannya jenis bidet tradisional biasanya digantung di dinding terkadang ada juga yang diletakkan di atas lantai. Selain, digunakan untuk membilas area vital setelah selesai buang air dan bisa digunakan baik wanita maupun pria, bidet juga digunakan sebagai tempat buang air kecil bagi para wanita.

2. Bidet Modern

Bentuk bidet modern sangat jauh berbeda dengan jenis bidet tradisional, yakni berbentuk seperti pipa kecil yang dapat mengeluarkan aliran air dingin maupun panas ketika dinyalakan. Pada umumnya bidet modern akan dipasang di bagian bawah dudukan pada closet duduk.

Jika Anda mendapati closet duduk di hotel atau mall yang di bawah dudukannya terdapat pipa kecil, bisa jadi itu adalah jenis bidet modern. Bidet modern juga diperuntukkan untuk digunakan oleh pria dan wanita.

Model Bidet Closet yang Menarik dengan Banyak Keunggulan

Setelah mengenal tentang apa itu bidet beserta dengan jenis-jenisnya, kini saatnya membahas model bidet yang menarik dan memiliki banyak keunggulan. Bagi Anda yang tertarik menggunakan bidet untuk toilet di rumah atau toilet di tempat usaha Anda, berikut ini rekomendasi bidet yang bisa dipilih:

1. American Standard Slim Smart Washer 3

Rekomendasi bidet toilet yang cocok digunakan di segala model closet duduk yang pertama yaitu Slim Smart Washer 3 dari American Standard. Bidet ini memiliki desain yang ergonomis yang pas dan dapat menyesuaikan dengan bentuk kontur tubuh penggunaannya. Bidet ini memiliki fitur Feminine Cleansing, sehingga aliran airnya sangat nyaman untuk area kewanitaan wanita yang sensitif.

Selain itu, terdapat fitur Dual Nozzles yang memungkinkan pembilasan yang lebih bersih karena dilengkapi dengan lubang pembersih di bagian depan dan belakang. American Standard juga menyematkan fitur Antibacterial Protection sehingga kebersihannya lebih terjamin karena di bagian dudukan, penutup, dan nozzle menggunakan anti bakteri berbasis ion.

2. American Standard Razor Smart Washer

Model bidet selanjutnya adalah Razor Smart Washer dari American Standard. Bidet dari American Standard ini memiliki fitur yang sama persis seperti Slim Smart Washer 3. Hanya saja yang membedakannya terdapat pada desain dan bentuk yang diusung yang agak sedikit berbeda. Namun, perbedaan tersebut tidak terlalu jauh berbeda, Anda bisa memilih salah satu di antaranya tanpa perlu bingung

Itulah informasi mengenai bidet closet dan jenis-jenisnya, serta rekomendasi bidet dari American Standard. Anda bisa menentukan bidet yang sesuai untuk kamar mandi Anda di rumah maupun di tempat usaha Anda.