5 Penyebab Umum Kebocoran dan Kerusakan pada Kran Air

Kran bocor

Kran air merupakan salah perlengkapan sanitary yang hampir digunakan pada setiap tempat tinggal. Kran secara umum berfungsi untuk membuka dan menutup saluran air, itulah mengapa kran menjadi komponen penting di rumah. Jika terjadi masalah kran bocor tentunya harus ditangani sesegera mungkin. Jika tidak, selain kita menjadi repot, tagihan air akan semakin melonjak dan air akan terbuang sia-sia.

Pada dasarnya ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya rembesan air hingga kebocoran pada kran. Biasanya kran yang mengalami kebocoran, ditandai dengan adanya rembesan dengan intensitas kecil kemudian akan berangsur-angsur meningkat. Untuk mengatasi, perlunya kita harus mengetahui penyebab utamanya. dengan demikian akan mempermudah kita dalam proses melakukan langkah perbaikan selanjutnya.

Penyebab Kran Bocor yang Paling Sering Terjadi

Secara umum terjadinya kebocoran disebabkan oleh beberapa faktor, bisa karena kualitas kran yang digunakan tidak cukup baik. Atau bisa juga karena sudah terlalu lama digunakan, sehingga perlu diganti dengan yang baru. Oleh karena itu sangat penting dalam memilih atau menentukan kran agar supaya bisa berfungsi dengan baik dan tahan lama. Beberapa penyebab kebocoran kran:

1. Kran Tidak Bisa Menutup dengan Baik

Pada kasus ini, biasanya setelah katup kran dalam keadaan off atau tertutup, masih ada tetesan yang keluar dari kran secara terus menerus. Hal ini disebabkan karena katup kran tidak bisa menutup dengan baik. Masalah ini bisa terjadi pada kran baru maupun kran sudah dipakai dalam waktu yang lama.

Jika terjadi pada kran baru, kemungkinan karena kualitas kran yang kurang baik, atau bisa juga karena kualitas air yang kotor atau banyak mengandung pasir sehingga bisa menyebabkan kebocoran. Pada kran yang telah berusia cukup lama, hal ini bisa terjadi karena kekuatan katup kran sudah menurun sehingga tidak bisa menutup dengan sempurna.

2. Tuas Kran Macet

Kejadian ini sebenarnya jarang terjadi, akan tetapi bisa terjadi karena beberapa hal. Kualitas kran kurang baik sehingga menimbulkan korosi atau bisa juga terjadi karena kualitas air yang banyak mengandung lumpur atau kaporit dalam ambang batas diatas normal sehingga lambat laun akan menimbulkan endapan di bagian tuas. Endapan maupun kerak ini akan menyebabkan tuas menjadi seret atau macet.

Ketika tuas kran macet dan sulit dibuka sebagian besar orang biasanya akan memutar tuas tersebut secara paksa. Kondisi ini sebenarnya malah akan memperparah kerusakan pada kran. Sebaiknya diperhatikan terlebih dahulu penyebab macetnya tuas kran, setelah itu baru kita lakukan perbaikan yang tepat sesuai dengan penyebabnya.

3. Cartridge Kran Rusak

Cartridge yang berfungsi untuk membuka dan menutup aliran air pada kran atau istilah yang umum disebut dengan Katub, merupakan bagian terpenting pada kran. Saat ini kebanyakan produsen sanitary menggunakan cartridge dengan bahan ceramic yang mempunyai kualitas lebih baik jika dibandingkan dengan bahan karet atau kompresi.

Mengingat saat ini banyak berbagai macam jenis cartridge dengan beragam kualitas, tentunya harus hati-hati dalam memilih kran. Kualitas cartridge yang baik mempunyai durability yang sangat lama bahkan bisa dikatakan bisa dipakai seumur hidup.

Kualitas cartridge yang kurang baik biasanya akan mudah bocor dalam waktu yang tidak lama setelah kran dipakai. Mengingat saat ini banyak berbagai macam jenis cartridge dengan beragam kualitas, tentunya harus hati-hati dalam memilih kran dan jangan terkecoh hanya karena harga yang murah saja.

4. Rembes Pada Bagian Sambungan Kran ke Dinding

Dalam kasus ini, masalah timbul bisa terjadi pada pemasangan kran baru maupun kran lama. Pada kran baru, rembes bisa terjadi karena tidak digunakannya alat bantu tambahan berupa seal tape. Seal tape adalah bahan yang wajib digunakan pada bagian ini. Gunakan seal tape secukupnya pada bagian ulir bodi kran.

Penyebab lain selain tersebut diatas, adalah karena proses pemasangan kran yang miring (ulir tidak pas), pastikan pada saat memasang atau memutar kran ke dinding, ulir kran sejajar dengan ulir pada instalasi air bersih. Jika kran sudah digunakan cukup lama, rembes terjadi karena kualitas kran yang kurang baik, bahan kran yang baik adalah terbuat dari bahan kuningan atau brass dengan kandungan timah hitam rendah. Oleh karena itu pilihlah kran dengan material yang baik.

5. Tekanan Air yang Terlalu Kuat

Kebocoran dan kerusakan pada air, dapat disebabkan karena tekanan air yang terlalu kuat. Hal ini membuat kran tidak mampu menahan tekanan air yang cukup tinggi sehingga menimbulkan kerusakan dan kebocoran. Biasanya masalah inii terjadi karena material kran yang terlalu ringkih. Selain tekanan air harus disesuaikan dengan spesifikasi kran yang Anda beli, pilihlah kualitas kran yang baik.

Kelima penyebab kran bocor yang telah dijelaskan di atas bisa dijadikan panduan ketika hendak memperbaiki kran yang sering menetes atau mengeluarkan rembesan air dan memilih kran yang baik serta berkualitas. Agar terhindar dari masalah ini sebaiknya gunakan kran yang terbuat dari material berkualitas. Produk kran dari American Standard bisa menjadi pilihan terbaik karena kualitasnya. Cek website resmi American Standard untuk melihat pilihan produk selengkapnya.