Apa itu Jet Shower dan Apa Fungsinya?

Jet shower

Anda mungkin sudah sering melihat sebuah shower kecil yang terletak pada sebelah kloset. Nah, shower kecil inilah yang memiliki nama jet shower. Kehadiran showe ini meski terlihat sepele, namun sangat penting dan bisa menunjang fungsi dari kloset itu sendiri. Inilah pengertian dan fungsi selengkapnya dari jet shower.

Pengertian dan Fungsi Jet Shower

Jet shower juga dikenal dengan istilah lain yaitu bidet spray dan jet washer. Ketika Anda berkunjung ke toko alat kamar mandi. Maka jangan bingung lagi jika penjual tokonya menyebutkan nama-nama tersebut. Jadi, pada dasarnya jet shower merupakan semprotan yang berbentuk shower kecil dan bisa Anda temukan di sebelah kloset pada toilet ataupun kamar mandi.

Alat ini termasuk perlengkapan standar toilet. Biasanya akan dihubungkan ke sebuah outlet dari saluran air menggunakan selang. Untuk desain dari jet washer sendiri bisa Anda pilih karena beraneka ragam. Kemudian Anda juga bisa menyesuaikannya dengan tampilan kamar mandi dan toilet Anda. Ada kalanya besarnya semburan air dari jet washer jadi masalah.

Hal ini disebabkan karena terjadinya kebocoran pada jet washer tersebut, sehingga mengakibatkan tekanan air besar dan melemahkan katup jet washer. Pastinya akan membuat Anda sangat terganggu sekali apalagi jika kamar tidur berdekatan dengan kamar mandi. Adapun shower kecil yang sudah berpasangan bersama kloset ini punya fungsi untuk membersihkan bagian tubuh Anda setelah membuang hajat.

Cara Menggunakan Jet Shower

Inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan jet washer:

1. Gunakan Kloset Dulu

Seperti tujuan dari jet washer adalah untuk membersihkan diri Anda. Namun tentunya Anda juga bisa gunakan dengan tisu ataupun kertas toilet. Beberapa masyarakat percaya bahwa dengan jet washer ini akan membuat pembersihannya menjadi lebih higienis dan tentunya tidak perlu menggunakan lebih banyak tisu.

2. Nyalakan Kran

Nyalakan keran dan aturlah suhu air dengan kenyamanan Anda. Usahakan airnya tidak terlalu hangat sebab bagian genital termasuk area yang cukup sensitif.

3. Posisikan Kaki dan Tubuh

Usahakan Anda meletakkan kedua belah kaki pada kedua sisi. Anda bisa gunakan posisi duduk ataupun berdiri. Sementara posisi punggungnya menghadap ke arah keran. Aturlah supaya posisi tubuh Anda dekat aliran air.

4. Bilas dengan Jet Shower

Gunakanlah jet washer yang berada di sebelah closet untuk membilas kotoran Anda. Kemudian bilas dengan bersih dan jangan lupa untuk mengeringkannya menggunakan tisu ataupun handuk khusus yang berbahan lembut.

Cara Membersihkan Jet Shower

Agar kebersihan jet washer tetap terjaga dengan baik, cukup membersihkannya satu bulan sekali menggunak disinfektan yang sifatnya ringan. Jangan gunakan pemutih untuk membersihkannya. Caranya sebagai berikut:

  1. Pertama kali, Anda harus menggunakan sarung tangan karet terlebih dahulu agar terlindung dari bakteri dan kuman.
  2. Bersihkanlah bagian dalamnya dengan pembersih toilet tanpa merusak materialnya.
  3. Diamkan dulu selama 10 menit.
  4. Setelah itu gunakan desinfektan agar keran lebih bersih dan juga bersihkan lantai.
  5. Agar bidet nozzle lebih bersih, gunakan sikat gigi yang berbahan lembut.

Itulah penjelasan mengenai jet shower, fungsi, cara menggunakan serta membersihkannya agar awet. Untuk produk jet washer terbaik, Anda bisa menggunakan produk dari American Standard. 2 produk jet washer unggulan tersebut adalah TP404 Jet Washer (Putih) dan TP404 Jet Washer (Krom). Dengan memilih 2 produk ini, Anda bisa mendapatkan jet washer yang tidak hanya berkualitas dan awet, namun juga memiliki desain yang elegan.