Cara Pasang Kloset Duduk dengan Mudah dan Praktis

Cara pasang kloset duduk 2021 12 23 030209 psly

Pada umumnya jenis kloset yang paling sering digunakan di Indonesia ada dua jenis, yakni duduk dan jongkok. Kloset duduk biasanya digunakan pada kamar mandi di rumah yang mengusung gaya modern dengan konsep kamar mandi kering. Pada dasarnya cara pasang kloset duduk tidak sesusah yang dibayangkan dan biasanya di dalam kemasan sudah dilengkapi dengan petunjuk pemasangan.

Sebelum tahap pemasangan, lakukan persiapan terlebih dahulu. Pemasangan instalasi pipa air bersih dan air kotor dilakukan sebelum proses finishing dinding dan lantai. Untuk saluran air bersih dengan menggunakan ukuran pipa setengah inci dan dipasang di dinding (belakang kloset). Pipa pembuangan air kotor berukuran empat inci dan pastikan bagian ujung pipa sejajar dengan lantai keramik.

Jarak pipa pembuangan air kotor ke dinding (Rough In) pada kloset biasanya berbeda-beda menyesuaikan desain klosetnya, untuk itu pemasangan pipa pembuangan air kotor harus berpedoman pada spesifikasi/drawing kloset. Setelah seluruh pekerjaan ruang kamar mandi telah selesai, baik pada bagian dinding, ceiling dan lantai, maka barulah dilakukan pemasangan kloset, hal ini untuk menghindari kerusakan pada kloset akibat pekerjaan ruangan kamar mandi.

Cara Pasang Kloset Duduk dengan Mudah

Setelah melakukan beberapa hal yang telah dijelaskan diatas, kini saatnya melakukan pemasangan. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

1. Menyiapkan Peralatan yang Diperlukan

Sebelum proses pemasangan, siapakah beberapa peralatan yang akan dibutuhkan agar nantinya tidak lagi perlu mencari-carinya lagi. Beberapa peralatan tersebut di antaranya adalah:

  • Lem silikon

  • Gergaji besi

  • Bor listrik

  • Obeng plus dan minus

  • Kunci Inggris

  • Meteran tukang

  • Tang kakak tua

  • Kunci 10 dan 12

  • Seal tape

  • Periksa kelengkapan Kloset (Bowl, Tank, Seat Cover dan kelengkapan aksesoris sesuai yang tertera pada buku panduan pemasangan)

Pastikan sudah menyiapkan peralatan tersebut, sebelum pemasangan dimulai.

2. Memasang Stop Kran

Sebelum memulai pemasangan bowl, sebaiknya stop kran dipasang terlebih dahulu untuk mempermudah proses pemasangan berikutnya. Gunakan seal tape pada ulir stop kran yang masuk ke saluran instalasi air bersih ke dinding.

3. Pemasangan Bowl (Badan Kloset) Membuka Penutup Kloset Duduk

Dalam proses pemasangan bowl ini, langkah yang perlu dilakukan adalah dengan memasang baut kaki untuk mengikat kloset ke lantai dan memasang seal konektor pada saluran pipa pembuangan dari kloset ke lantai.

Lakukan pemasangan baut kaki sesuai dengan ukuran yang tertera pada buku pedoman pemasangan. Setelah posisi kedua baut kaki kloset ditandai dengan pensil/spidol pada lantai, langkah selanjutnya adalah melubangi kedua titik tadi dengan menggunakan bor listrik dengan diameter 10 mm dengan kedalaman sesuai dengan ukuran fischer.

Setelah itu masukkan fischer dan pasang seal konektor pada lubang pipa pembuangan air kotor yang ada di lantai. Kemudian pada akhir tahapan ini, letakkan bowl pada lantai, pastikan lubang pembuangan air kotor pada toilet sejajar dengan pipa pembuangan air kotor pada lantai. Setelah pas, pasang screw di lubang baut kaki dan kencangkan menggunakan kunci pas 10 secukupnya.

4. Memasang Tangki

Dalam tahap ini, sebelum tangki dipasang diatas bowl terlebih dahulu dilakukan pemasangan peralatan bagian dalam tangki (tank trim) karena peralatan ini biasanya belum dipasang oleh pabrik. Lakukan pemasangan Flush Valve (alat pembilas), Inlet Valve (pelampung) dan Push Button (tombol bilas) sesuai dengan petunjuk pemasangan.

Setelah itu baru pasang flexible hose ke inlet valve. Setelah langkah di atas dilakukan, berikutnya adalah memasang tangki diatas bowl, dengan menggunakan dua plastik bolt dan nut yang sudah tersedia, dan kencangkan secukupnya.

Pasang tutup tangki, pastikan ukuran panjang tuas Push Button telah sesuai. Hubungkan flexible hose ke stop kran (jangan menambahkan seal tape pada sambungan ini, karena flexible hose telah dilengkapi dengan karet seal untuk mencegah kebocoran).

5. Melapisi Silikon

Gunakan silikon putih/clear secara merata pada bagian sekeliling kaki kloset agar air dan kotoran tidak masuk ke bagian dalam kloset.

6. Memasang Seat & Cover

Memasang seat & cover adalah tahap akhir dalam proses memasang kloset, pastikan bagian depan seat cover rata dengan bodi kloset, pasang baut pengikat dan kencangkan secukupnya. Jika kloset belum digunakan, pasang plastik pembungkus seat & cover untuk melindungi dari debu maupun kotoran.

7. Test Flushing

Setelah tahapan diatas dilakukan, perlu dilakukan test flushing guna memeriksa kebocoran sekaligus kemampuan bilas kloset. Tekan tombol bilas (push button) dan periksa setiap sambungan, pastikan tidak ada kebocoran.

Bagaimana? Mudah bukan cara pasang kloset duduk sendiri di rumah? Jangan lupa membaca langkah-langkah di atas dengan seksama, agar proses pemasangan berjalan lancar dan tidak ada kendala terjadi. American Standard memiliki banyak produk toilet duduk kualitas terbaik. Cek katalog produk yang ada di website resmi American Standard untuk melihat pilihan produk selengkapnya.