Ergonomis – Elemen Terpenting Dalam Kamar Mandi Anda

Des 20, 2017

Rancangan yang baik membangkitkan estetika yang menyenangkan khususnya pada kamar mandi. Ada banyak orang sering tidak terlalu mementingkan satu eleman penting yang dapat membuat perbedaan yang signifikan: ergonomis.

Ketika sedang merancang ruangan kamar mandi yang menyenangkan, terkadang beberapa orang tidak memikirkan fungsionalitas sehingga menimbulkan kesulitan hingga rasa frustasi para penggunanya didalam rutinitas harian mereka.

Dapatkan Anda mengutamakan ergonomis, namun secara konsep dapat merancang kamar mandi yang menyenangkan dan memudahkan rutinitas hidup Anda? Berikut adalah pertimbangan konsep ergonomis yang tidak boleh Anda abaikan saat merancang desain kamar mandi idaman.



Di Dalam Area Toilet

  1. Taruh holder tisu pada posisi yang mudah diraih

    Holder tisu toilet harus dipasang di bagian samping toilet agar Anda tidak repot saat ingin meraihnya. Jika Anda menggunakan e-bidet atau shower toilet, remote control juga harus diletakkan masih dalam jangkauan tangan demi kenyamanan.


  2. Ketinggian yang tepat

    Ketika memilih toilet baru, tinggi ideal toilet akan bergantung pada tinggi badan Anda. Untuk menciptakan kenyamanan, Anda bisa memilih toilet dengan ketinggian yang pas.

    Toilet dari American Standard dirancang dengan teknologi “right height” – ketinggian yang ideal seperti kursi untuk memudahkan penggunaan toilet. Berdasarkan tinggi ergonomis sebuah kursi yaitu antara 350mm – 510mm, American Standard memiliki rangkaian toilet dengan ketinggian yang tepat yang masing tergolong dalam rentang ergonomis (antara 40mm – 430 mm, termasuk dudukan). Hal ini sangat berguna dan penting khususnya untuk para lansia, ibu hamil, dan difabel. Jika Anda tinggal dalam hunian yang hanya memiliki satu toilet, pilih toilet yang cocok untuk semua anggota keluarga.


  3. Ergonomis sesuai kontur tubuh Anda

    Terkadang, kita menghabiskan waktu yang lama saat duduk di toilet. Maka dari itu, dudukan toilet harus memberikan kenyamanan. Pilih dudukan yang tidak memiliki pinggiran yang tajam untuk menghindari rasa sakit saat penggunaan. Dirancang demi kenyamanan para penggunanya, toilet dari American Standard memadukan lekukan dudukan yang ergonomis pada bagian posterior, bahkan untuk penggunaan waktu yang sangat lama. Selain itu, penutup toilet juga akan menutup secara tenang tanpa suara.


  4. Tombol flush yang lebih luas

    Tombol flush yang kecil pasti cukup mengganggu, terlebih jika tekanan tombol harus lebih keras. Cobalah untuk membeli toilet dengan tombol flush yang lebih luas untuk kenyamanan Anda dalam jangka panjang.

    Toilet dari American Standard hadir dengan ‘Comfort Push Button’ dimana tombol flush dirancang dengan permukaan yang lebih luas untuk kemudahan penggunaan, khususnya untuk para perempuan dengan kuku yang panjang. Terlebih, tombol flush yang lebih luas juga akan memudahkan para lansia saat menggunakan toilet.


  5. 5. Tidak perlu memutar badan saat membilas

    Sebagian besar toilet saat ini dilengkapi dengan trigger spray yang diletakan pada sisi kiri atau kanan toilet. Padahal dalam penggunaannya, pengguna harus memutar badan untuk meraih trigger spray tersebut. Akan lebih nyaman jika trigger spray diletakkan di samping pengguna, tetapi ruang tersebut biasanya terpakai untuk menggantung tisu toilet.

    Dengan rangkaian Spalet dengan elektronik dan manual bidet, pembersihan yang higienis hanya semudah menggerakan tuas atau menekan tombol. Anda tidak perlu memutar tubuh untuk meraih trigger spray yang diletakkan di belakang Anda, tentunya sangat tidak nyaman khususnya untuk para lansia.




Di Dalam Area Pancuran

  1. Pastikan posisi pengait handuk berada dalam jangkauan

    Untuk kenyamanan dan keselamatan, pikirkan untuk membatasi zona basah untuk menghindari lantai yang selalu licin. Cara yang mudah adalah meposisikan pengait handuk dekat pintu shower. Hal ini akan mengurangi adanya resiko terpeleset pada lantai yang basah selagi Anda meraih handuk untuk mengeringkan diri. Jika Anda lebih menyukai pengait handuk yang lebih kecil, pasang di tempat Anda akan melangkah keluar dari pancuran.


  2. Posisi saluran penguras

    Ketika menggunakan shower, jangan menempatkan saluran penguras dibawahnya. Apakah Anda ingin jika area shower tergenang saat Anda mandi?




Di Dalam Area Rias

  1. Desain keran yang bermakna

    ‘ergonomis’ sering terabaikan. Beberapa keran mungkin terlihat cantic tapi ruang antara pegangan dan lubang air terlalu rapat sehingga orang yang memiliki tangan yang besar akan sulit menggunakannya.

    Ruangan yang cukup antara pegangan dan lubang air dapat memberikan kemudahan saat menggunakan keran. Beberapa keran dari American Stadnard dirancang secara teliti untuk mengatasi masalah ini. Khususnya untuk para laki-laki yang cenderung memiliki tangan yang lebih besar.

    Ergonomis bahkan dapat mencapai hingga ke rincian yang lebih kecil. Keran yang minimalistik mungkin terllihat bagus tetapi pinggiran yang tajam berpotensi untuk menggagalkan minat. Di samping itu, pinggiran yang tajam tidak nyaman untuk disentuh. Dengan menambahkan sebuah alur di bawah beberapa keran American Standard kami (lekukan seperti ibu jari di sisi bawah tuas seperti pada keran Compact Codie), fitur desain yang tampaknya sederhana ini menjadi elemen yang khas dan nyaman bagi pengguna untuk pegangan yang mudah dan nyaman untuk mengangkat tuas.


  2. Naikkan ketinggian meja rias (vanity)

    Ketinggian sebuah vanity sangat bergantung pada tipe wastafel yang Anda pasang. Jika Anda tertarik dengan gaya masa kini, jangan menaikkan ketinggian vanity karena Anda akan berakhir dengan posisi yang janggal saat mencuci tangan. Cara terbaik untuk menemukan ketinggian yang pas adalah mengumpulkan seluruh anggota keluarga untuk berdiri di sebelah vanity dan cobalah wastafel. Cara ini akan menentukan ketinggian yang paling sesuai untuk semua anggota.




Pada akhirnya, jika membahas konsep ergonomis pada kamar mandi, perencanaan tata ruang juga tidak boleh diabaikan. Terkadang, penempatan peralatan di tempat yang tepat akan menghasilkan perbedaan yang signifikan.

Dengan menempatkan peralatan ditempat yang tepat, hal ini akan memudahkan aksesibilitas dan fungsionalitas di dalam kamar mandi. Dengan terwujudnya konsep ergonomis, kunjungan ke kamar mandi Anda akan menjadi tenang dan melegakan.