Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memasang Kabinet Dapur

Hal hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memasang Kabinet Dapur

Kabinet Dapur

Kabinet dapur merupakan salah satu bagian yang paling penting dalam rumah. Dapur dengan suasana dan penampilan yang apik bisa membuat kondisi hati lebih nyaman. Namun, tahukah Anda kalau ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan model kabinet dapur di rumah Anda?

Hal Penting Sebelum Memasang Kabinet Dapur

Dapur yang apik merupakan impian semua orang. Sebab, dapur yang bisa jadi salah satu primadona dan ‘jantung’ dari rumah Anda. Namun, bagi pasangan muda yang baru saja membeli rumah ataupun apartemen, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memasang kabinet dapur. Simak penjelasannya berikut ini:

1. Ukuran Kabinet Dapur

Hal pertama yang sangat perlu diperhatikan adalah ukuran kabinet dapur yang akan Anda gunakan. Kabinet dapur siap pakai yang dijual di pasaran umumnya memiliki berbagai ukuran.

Sebagai tempat penyimpanan, dapur biasanya memiliki dua kabinet yaitu kabinet atas dan kabinet bawah. Kabinet atas yang menempel di dinding biasanya memiliki ukuran lebar sekitar 40 cm. Ukuran yang lebar tersebut memang biasanya ditujukan agar kepala tidak terbentur saat mengambil barang di dalamnya.

Baca juga: 5 Model Kran Wastafel yang Cocok untuk Dapur Anda

Sementara itu, kabinet bawah yang berada di lantai biasanya memiliki ukuran yang lebih besar. Lebar dari kabinet bawah sendiri sekitar 60 cm, sementara untuk tingginya berkisar antara 80 hingga 85 cm. Anda bisa menggunakan kabinet dengan ukuran lain jika memang diperlukan. Pemilihan ukuran kabinet dapur disesuaikan dengan kebutuhan dan barang-barang yang akan Anda simpan.

2. Material atau Bahan Pembuatan

Selanjutnya, hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah material atau bahan pembuatannya. Sampai saat ini, setidaknya ada lima bahan terbaik yang bisa Anda pilih sebagai material pembuatan kabinet dapur rumah Anda. Kelima bahan tersebut, antara lain kayu solid, laminasi, PVC, stainless steel atau alumunium, dan kayu veneer. Tiap-tiap bahan tersebut memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

Misalnya saja, kabinet dapur PVC yang memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan kabinet dapur alumunium. Kabinet dapur PVC biasanya memiliki harga yang lebih ekonomis jika dibandingkan dengan jenis bahan lainnya. Selain itu, bahan baku poly vinyl chloride yang digunakan sangat mudah dirawat, anti rayap, dan anti korosi.

Namun, kabinet jenis PVC biasanya tidak tahan dengan api dan tidak memiliki banyak opsi warna serta corak. Sehingga, Anda mungkin akan sedikit kesulitan untuk menemukan warna dan corak yang sesuai dengan pilihan Anda.

3. Jenis Kabinet Dapur

Jenis kabinet dapur yang akan Anda gunakan juga sangat penting untuk dipertimbangkan. Hal ini bertujuan dengan kemudahan, mobilitas, dan selera masing-masing pemilik rumah. Banyak jenis tempat penyimpanan kabinet dapur yang ditawarkan di pasaran untuk saat ini.

Namun, tak jarang juga beberapa penjaja properti dan aksesoris rumah menyamakan antara model kabinet dapur dan lemari dapur. Padahal, bedanya kabinet dapur dengan lemari dapur sebenarnya tidak cukup substansial.

Baca juga: Cara Mudah Pasang Kran Wastafel di Dapur Anda

Kabinet dapur dan lemari dapur memiliki fungsi yang sama, yakni sama-sama untuk menyimpan barang dan bahan makanan yang dibutuhkan di dapur. Anda juga bisa menentukan sendiri fungsi dari kedua perlengkapan rumah tangga tersebut.

Kembali ke jenis kabinet dapur, setidaknya ada berbagai macam jenis yang bisa Anda pilih, seperti kabinet dapur dengan pintu kaca, kabinet dapur dengan pintu papan tulis, kabinet dapur dengan ruang maksimal, dan masih banyak lagi.

4. Kesesuaian dengan Desain Rumah

Hal terakhir yang paling penting dan tidak boleh Anda tinggalkan adalah kesesuaian dengan desain rumah. Anda tentu tidak mau kalau kondisi dapur Anda sangat berbeda dengan konsep desain rumah yang sudah dipilih.

Tidak hanya membuat desain rumah menjadi kurang menarik, Anda mungkin juga akan merasa terganggu karena kabinet dan berbagai perlengkapan dapur yang Anda pilih tidak sesuai dengan keseluruhan desain rumah yang ada.

Bagi sebagian rumah, mungkin kabinet dapur minimalis modern sangat cocok untuk digunakan. Akan tetapi, di rumah lain, kabinet dapur dengan pintu kaca yang sangat ringkih akan sangat cantik apabila dipasang.

Nah, kabinet dapur juga merupakan elemen penting yang perlu Anda perhatikan sebelum mendesain kabinet dapur milik pribadi di rumah. Kini, Anda bisa mulai memilih desain dapur milik sendiri. Mungkin Anda bisa memilih desain kabinet dapur rumah sederhana atau desain yang sedikit rumit.

Namun yang pasti, Anda tetap perlu memperhatikan ukuran, bahan, jenis, dan kesesuaian kabinet dapur dengan desain rumah yang Anda miliki. Untuk membuat dapur rumah Anda semakin cantik, Anda bisa menggunakan produk kran dapur dari American Standard.

Dengan desain yang modern dan bahan material pilihan, kran dapur American Standard sangat cocok untuk membuat dapur Anda semakin indah. Saat ini, American Standard memiliki berbagai desain kran dapur yang bisa Anda pilih.

Seluruh kran dapur keluaran American Standard sudah dilapisi dengan krom sehingga membuat kran tahan lama dan tidak mudah berkarat. Terlebih lagi, karat pada kran dapur bisa mengurangi estetika dari desain dapur Anda.

Tertarik untuk menggunakan kran dapur dari American Standard? Kunjungi toko-toko retail yang menjual produk American Standard untuk mendapatkan aksesoris kebutuhan dapur Anda di sini.

Sumber:

https://www.dekoruma.com/artikel/66181/desain-kabinet-dapur

https://fabelio.com/blog/material-kitchen-set/

https://www.gavinfurniture.com/101-hal-tentang-lemari-dapur-atau-kitchen-set/

https://www.dekoruma.com/artikel/15852/material-kitchen-set-dapur-elegan