Bagaimana Anda Mewujudkan Kamar Mandi Impian

Anda bingung ketika dihadapkan dengan desain untuk kamar mandi impian? Antoine Besseyre des Horts, Vice President bagian Desain dari American Standard akan menjelaskan melalui tips-tips berikut.

Blueprint untuk rumah impian Anda pasti akan datang dengan kamar mandi yang sempurna/. Kamar mandi tidak hanya berfungsi sebagai ruang yang berisikan shower, melainkan telah berevolusi menjadi ruang yang lebih hidup. Terlebih dalam keseharian yang dapat memicu stress, kamar mandi memainkan peran yang sangat penting. Nyatanya, kamar mandi telah berubah menjadi satu-satunya ruang dalam hunian yang dapat Anda gunakan untuk menikmati me-time seperti bersantai, memanjakan diri, dan mengembalikan energi.

Jadi, bagaimana seseorang mendesain kamar mandi impiannya?

Melalui tata letak yang telah dipikirkan secara matang hingga pemilihan perlengkapan, bahan, warna, serta pencahayaan, kamar mandi dapat memberikan keseimbangan yang sempurna antara ketenangan dan kenyamanan.

“Kamar mandi impian harus mudah digunakan, bersih, ergonomis, aman, serta memberikan ketenangan dan dapat mengekspresikan gaya pribadi seseorang,” ucap Antoine.

“Selain itu, karena fenomena urbanisasi global, banyak yang menginginkan ruangan kamar mandi yang dapat memberikan kemewahan. Hal ini semakin membuat kami mencari solusi untuk mengoptimalkannya, ditambah dengan menawarkan solusi penyimpanan.”

Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan saat merencanakan kamar mandi impian.

Tata Letak yang Fungsional

Layout and functionality

Memahami ukuran ruangan yang tersedia di kamar mandi adalah langkah pertama. Mulailah dengan melakukan pengukuran yang tepat serta mempertimbangkan ukuran dari toilet, wastafel, vanity, shower hingga bathtub jika dibutuhkan. Pertimbangkan juga siapa yang akan menggunakan kamar mandi tersebut, seberapa sering mereka mengunjunginya, serta akses yang mudah untuk menggunakan seluruh fasilitas.

Rencanakan ruang yang cukup di sekeliling perlengkapan kamar mandi agar pengguna merasa nyaman. Selain itu, ukuran yang pas dalam memilih wastafel dan vanity juga harus dipastikan agar memberikan ruang penyimpanan yang memadai.

“Vanity yang berdiri diatas lantai akan memberikan lebih banyak ruang untuk penyimpanan. Sedangkan yang dipasang di dinding dapat membantu ruangan kamar mandi tampak lebih besar. Secara ideal, Anda juga harus merencanakan ruang penyimpanan di sekitar area kamar mandi dan toilet untuk menaruh perlengkapan mandi dan produk rumah tangga,” ucap Antoine.

Bagi mereka yang tidak memiliki kemewahan ruangan kamar mandi untuk mengakomodasi area shower dan bathtub, Anda dapat menaruh shower diatas bathtub untuk menciptakan pengalaman mandi yang terbaik. Jangan lupa untuk menambahkan tirai atau panel kaca untuk mencegah air keluar dari area bathtub.

Lingkungan yang lembab seperti kamar mandi, bau dan jamur harus menjadi perhatian lebih. Jika kamar mandi Anda tidak memiliki jendela, bau dan jamur dapat Anda hilangkan dengan kipas ventilasi.

Pencahayaan yang baik

Good lighting

Kamar mandi telah berkembang menjadi tempat untuk relaksasi tubuh dan pikiran. Kamar mandi adalah ruangan multi-tujuan dimana And dapat melakukan berbagai aktifitas mandi, pembersihan serta ritual rumah tangga. Oleh karena itu, pencahayaan sangat penting karena dapat mempengaruhi cara kita merasakan serta berperilaku dalam ruangan tersebut. Pilihlah solusi pencahayaan yang tepat dengan aktifitas dan ritual yang Anda lakukan saat di kamar mandi.

Rias, perawatan, dan pembersihan terjadi di area wastafel, sehingga pencahayaan harus bersinar langsung dari atas. Kontrol lampu juga sangat berguna untuk memudahkan pengaturan intensitas cahaya.

Di area kamar mandi dan shower, pilihlah pencahayaan yang tidak langsung karena akan menciptakan atmosfir santai dan tenang untuk menikmati ritual mandi. Cahaya alami yang natural juga dapat meningkatkan mood saat Anda melakukan ritual mandi. Jika Anda tidak memiliki cahaya alami yang natural, pilihlah perlengkapan lampu yang sangat mirip dengan efek cahaya siang hari.

Motif, Warna, dan Tekstur

Motif color texture

Kamar mandi adalah ruang pribadi yang harus mencerminkan kepribadian Anda! Pilihlah warna, pola dan tekstur yang sesuai dengan gaya Anda dan tingkatkan tata letak tanpa mengorbankan fungsionalitas.

Habiskan waktu untuk memilih warna yang tepat karena dapat mempengaruhi hati dan persepsi Anda terhadap ruangan kamar mandi. Warna-warna terang akan memantulkan cahay sehingga dapat menciptakan ruangan terasa lebih mengundang, lebih besar dan lebih terbuka. Begitupun sebaliknya, warna gelap dapat menyerap cahaya dan cenderung membuat ruangan tampak lebih kecil dan lebih padat.

Mengkombinasikan warna-warna yang sama dibeberapa area kamar mandi akan membantu dalam memberikan keharmonisan ruangan secara visual sehingga membuatnya terlihat lebih besar. Sedangkan warna yang kontras dapat memecah ruang sehingga membuat area menjadi lebih kecil dan terlihat sempit.

Warna-warna yang tenang akan memberikan kenyamanan lebih pada ruangan sedangkan warna-warna yang terang akan memberikan sentuhan lebih menyenangkan dan menciptakan titik fokus.

Pola dan tekstur juga harus dipertimbangkan secara hati-hati! Pola dan tekstur dapat diaplikasikan untuk memberikan estetika atau daya tipu agar ruangan terasa lebih luas. Namun, beberapa tekstur juga dapat menciptakan visual yang membuat ruangan terlihat lebih kecil. Gunakan ubin persegi atau persegi panjang untuk memberikan sentuhan modern, futuristik dan premium agar ruangan terlihat lebih besar. Selain itu, Anda bisa menggunakan ubin ukuran kecil untuk menambahkan detail unik pada aksen dinding ke dalam kamar mandi.

Kemewahan dan Hiburan

Luxury and entertainment

Saat ini, kemewahan tidak lagi berarti sebuah hal yang eksklusif melainkan sebuah kesenangan dan transformasi diri! Anda dapat menyesuaikan kamar mandi Anda dengan memilih berbagai macam bahan, warna, pencahayaan, dan tekstur yang akan mengubah ruangan kamar mandi menjadi sebuah oasis dengan sentuhan elegan dan futuristik. Inovasi terbaru pada shower, faucet, dan shower toilet akan memberikan Anda kenyamanan lebih dan menawarkan pengalaman yang menyenangkan untuk Anda saat melakukan proses pembersihan.

Penambahan Aksen Lembut

Add a soft touch

Bahan-bahan material yang padat, terutama pada kamar mandi kecil dapat memberikan rasa dingin yang tidak nyaman. Anda dapat menambahkan sentuhan lembut yang akan memberikan kenyamanan dengan bahan-bahan lembut seperti batu dan kayu pada kamar mandi. Produk yang menampilkan permukaan dan tepian yang halus akan membuat keseluruhan ruangan menjadi lebih menarik. Cahaya alami atau pencahayaan yang menyebar juga dapat menciptakan suasana santai. Perawatan jendela seperti tirai dan penutup jendela juga dapat Anda pergunakan untuk memberikan sentuhan lembut pada kamar mandi dan juga kesan privasi. Anda juga bisa menambahkan tanaman, aksesori, atau furniture yang bisa menekankan bahwa kamar mandi tidak hanya didedikasikan untuk ruang pembersihan saja, tetapi dapat menjadi ruangan yang benar-benar hidup.

Kunjungi American Standard untuk merealisasikan kamar mandi impian Anda hari ini!