Langkah Mudah Menata Kitchen Set Untuk Mewujudkan Dapur Yang Nyaman

Memiliki dapur yang rapi dan nyaman merupakan hal penting bagi sebuah keluarga. Tak hanya sekadar tempat memasak, dapur juga menjadi tempat memupuk kasih sayang untuk keluarga melalui sebuah makanan yang disajikan.

Dapur yang tertata rapi dan bersih dapat membuat pikiran Anda tenang dan hati senang. Dengan suasana hati yang baik, Anda akan lebih mudah mendapatkan inspirasi cemerlang untuk hidangan lezat yang akan tercipta dari dapur Anda.

Sayangnya, memiliki dapur rapi dan nyaman tidak mudah bagi sebagian orang, terlebih jika luas area dapur terbatas. Karena aktivitas yang padat dan mobilitas tinggi, sering kali kegiatan menata dapur menjadi hal yang dinomorduakan. Alih-alih memiliki dapur minimalis yang nyaman, kurangnya perawatan menjadikan dapur berantakan.

Padahal, dapur yang nyaman tak harus selalu berada pada ruang yang luas. Penataan dapur minimalis pun dapat Anda lakukan sendiri tanpa harus melalui tangan seorang profesional.

Baca juga: Cara Mudah Pasang Kran Wastafel di Dapur Anda

Ilustrasi kitchen set yang rapi

Ilustrasi kitchen set yang rapi

Tips Menata Kitchen Set

Salah satu cara agar dapur tetap rapi adalah dengan menempatkan kitchen set pada dapur Anda. Tak hanya akan menjadikan dapur minimalis tertata dengan baik, desain kitchen set yang tepat akan meningkatkan nilai estetika dari dapur yang Anda miliki.

Berikut ini beberapa tips mudah yang dapat Anda lakukan sendiri agar dapur senantiasa rapi dan nyaman.

1. Lakukan Penyortiran Barang (Decluttering)

Istilah declutter saat ini semakin marak digunakan seiring dengan berkembangnya gaya hidup minimalis di tengah masyarakat. Secara sederhana, decluttering merupakan istilah yang digunakan untuk menyortir barang-barang yang Anda miliki.

Anda dapat memilih mana barang yang masih terpakai dan sudah usang. Lakukan hal ini pada dapur Anda supaya tidak terlalu banyak barang menumpuk yang tidak terpakai di sana. Anda dapat mengucapkan selamat tinggal pada perkakas berusia lawas yang kondisinya sudah tidak layak pakai dari pada terus menyimpannya di dalam kitchen set.

Setelah melakukan decluttering, kitchen set Anda akan memiliki lebih banyak ruang tersedia untuk menyimpan barang-barang yang Anda butuhkan.

2. Kelompokkan Barang Berdasarkan Kategori

Setelah melakukan penyortiran, Anda dapat mengelompokkan barang dan menyimpannya sesuai kategori, Misalnya, Anda dapat menyimpan sendok sayur dan spatula dalam sebuah laci khusus dan laci lainnya yang berisi sendok dan garpu makan.

Selain itu, susun barang-barang secara menumpuk sesuai dengan kategorinya agar dapat menghemat ruang dalam kitchen set. Menyimpan barang sesuai kategori dapat memudahkan Anda menemukan barang tertentu saat membutuhkannya.

Baca juga: Cara Mudah Mengganti Kran AIr dengan Benar

3. Tempatkan Barang Berdasarkan Frekuensi Pemakaian

Hal yang tak kalah penting lainnya adalah dengan menempatkan barang pada kitchen set sesuai dengan frekuensi pemakaiannya. Barang-barang yang hanya digunakan pada momen tertentu dapat diletakkan di dalam lemari penyimpanan. Sedangkan untuk barang-barang yang hampir setiap hari digunakan, Anda dapat menatanya dengan rapi di sudut yang mudah terlihat dan dapat dijangkau.

4. Rak Susun Untuk Memaksimalkan Penyimpanan

Sebuah kitchen set didesain sebagai tempat penyimpanan yang cukup besar untuk memuat banyak perabot. Namun terkadang, bagian dalam kitchen set terlalu tinggi dan menyisakan ruang kosong yang tidak efektif.

Untuk menyiasatinya, Anda dapat meletakkan rak susun yang dapat disesuaikan dengan ukuran barang yang akan disimpan di dalamnya. Selain dapat menjadikan ruang penyimpanan kitchen set lebih efisien, rak susun juga dapat membuat banyak barang tersimpan dengan rapi dan tersusun.

5. Wadah Transparan dan Label Nama

Untuk mewujudkan kitchen set yang senantiasa tertata rapi, Anda dapat menyimpan bumbu-bumbu dan bahan pokok ke dalam sebuah wadah transparan yang diberi label nama. Selain isinya mudah dilihat karena wadah yang digunakan tembus pAndang, pelabelan pada wadah dapat memudahkan Anda mengidentifikasi isi dalam wadah yang teksturnya mirip seperti tepung terigu dan tepung tapioka.

6. Melengkapi Kitchen Set dengan Fitur Pendukung

Setelah melakukan hal-hal di atas, dapat dipastikan Anda akan segera mendapatkan kitchen set yang tertata rapi sekaligus dapur yang nyaman. Namun, kurang lengkap rasanya jika kenyamanan pada dapurAnda tidak didukung fasilitas tambahan seperti wastafel dan kran dapur sebagai sarana sanitasi yang sangat penting.

Pemilihan kran dapur perlu melalui pertimbangan yang matang. Jika asal pilih, masalah kebocoran kran atau bahkan masalah kesehatan yang disebabkan oleh kran dapur akan menghampiri Anda di kemudian hari.

Kran dapur American Standard dapat menjadi solusi utama bagi dapur Anda. Dengan teknologi Durashine, Finishing krom yang mengkilap memberikan kilau yang tahan lama.

Anda bisa mendapatkan kran dapur American Standard di sini.

Itulah tips mudah yang dapat Anda lakukan untuk mewujudkan dapur nyaman dari kitchen set yang tertata rapi. Tertarik untuk dapatkan dapur impian tahun ini?