Warisan dan Evolusi Spalet

Mei 31, 2018

Tidak diragukan lagi bahwa Jepang adalah salah satu negara yang paling banyak dikunjungi di dunia. Tahukah Anda bahwa selain alam yang indah dan kuliner yang begitu lezat, standar higienis Jepang yang sangat tinggi juga diakui di seluruh dunia? Budaya tradisional Jepang telah memberikan inspirasi kamar mandi yang bersih dan sangat nyaman, seperti yang Anda temukan di hotel-hotel mewah, resort pribadi maupun apartemen modern saat ini.

Shower toilet Jepang melambangkan teknologi inovatif negara tersebut. Teknologi Jepang memang telah lama menjadi buah bibir masyarakat dunia, walau tidak banyak yang mengetahui sejarah dan bagaimana hal tersebut menjadi sesuatu yang wajib dalam kehidupan masyarakat Jepang.


Awal dari Segalanya

Bagaimana awal dari semua ini?

Menariknya, kata “bidet” berasal dari bahasa Perancis, yang berarti “kuda poni”. Analoginya adalah bidet digunakan layaknya seekor kuda poni “ditunggangi”. Bidet diciptakan pertama sekali di Perancis pada abad ke-17 dan awalnya diletakkan di kamar tidur, bukan kamar mandi. Bidet diisi dengan air bersih dan digunakan untuk mencuci bagian sensitif tubuh manusia setelah selesai menggunakan pot atau ember. Pada saat itu mandi bukanlah sebuah kebiasaan dan bidet dianggap sudah cukup membantu membersihkan diri tanpa harus mandi seluruh badan. Dengan semakin berkembangnya sistem pengairan indoor pada abad ke-19 dan 20, bidet mengalami perubahan menjadi mangkuk porselen yang diletakkan di kamar mandi.


Modifikasi

Evolusi bidet berawal setelah Perang Dunia II berakhir, yaitu saat Jepang mulai mengimpor toiler porselen dari Amerika Serikat yang dapat diduduki, tidak seperti toilet jongkok tradisional Jepang. Produk ini sangat menarik perhatian masyarakat Jepang, sebab banyak dari antara mereka yang menderita bisul/hemorrhoids oleh karena usaha fisik yang berat ketika harus berjongkok pada toilet tradisional. Beberapa tahun kemudian, Jepang menemukan sebuah alat yang dapat dilekatkan pada toilet yang telah ada untuk menyemprot air dan membersihkan bagian sensitif tubuh.


Evolusi

Pada saat ini, Jepang sudah sangat dikenal dalam sistem bidet teknologi canggih. Lebih dari 70% hunian di Jepang memiliki bidet elektronik. Pada tahun 1967, INAX di Jepang memproduksi shower toilet ertama untuk penggunaan di rumah dengan pancuran air hangat dan pengering.

WC shower pertama di Jepang dengan pancuran air hangat dan pengering.


Mudah dipasangkan pada segala jenis toilet, dudukan shower toilet dari INAX dilengkapi dudukan dengan penghangat sebagai fungsi tambahan.


Sepuluh tahun kemudian, INAX menambahkan fungsi dudukan dengan penghangat pada shower toilet pertamanya – Ini adalah langkah awal dalam perkembangan shower toilet di Jepang. Hingga saat ini, inovasi Jepang seperti auto seat, auto flush, deodorizer, music dan remote control melalui smartphone berhasil dikembangkan dan digunakan dalam rangkaian produk Spalet dari American Standard. Hari ini, American Standard menghadirkan beragam produk Spalet dengan desain terbaik, mulai dari bidet manual, bidet elektronik dan shower toilet untuk memenuhi kebutuhan setiap rumah tangga dengan kemampuan keuangan masing-masing.


Kunjungi situs Spalet diwww.ilovespalet.com untuk mempelajari lebih lanjut.