Tips Berbagi Kamar Mandiri saat Isolasi Mandiri yang Paling Benar

Tips Berbagi Kamar Mandiri saat Isolasi Mandiri yang Paling Benar

Isolasi mandiri merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh masyarakat Indonesia ketika teridentifikasi terserang virus covid 19 atau penyakit menular lainnya. Untuk itu, Anda harus mengetahui informasi seputar cara isolasi mandiri di rumah termasuk info seputar tips berbagi kamar mandi dengan keluarga yang lain.

Cara pakai kamar mandi saat isolasi mandiri tidak boleh sembarangan. Namun, bukan berarti pasien tidak boleh mandi, BAK atau BAB serta tidak harus membangun kamar mandi baru. Oleh sebab itu, lebih baik terapkan tips berbagi kamar mandi saja. Ini tips yang dimaksud:

1. Tetap Memakai Masker di Kamar Mandi

Sekalipun sedang isoman, pasien harus tetap menggunakan masker walaupun di kamar mandi. Sebab, kamar mandi tersebut tidak dipakai oleh pasien saja tetapi juga keluarga yang tidak terdampak juga ikut memakainya. Nah, kalau pasien tidak menggunakan masker bisa jadi kamar mandi tersebut sudah tidak steril lagi.

Oleh sebab itu, aturan pakai kamar mandi saat isolasi mandiri, tidak boleh dilanggar. Termasuk tetap memasang masker di mulut supaya virus tidak menempel di wastafel, bathtub maupun di toilet. Ini juga demi keselamatan keluarga lain yang tinggal satu rumah.

Baca juga: Cara Tepat Membersihkan Dinding Keramik Kamar Mandi Anda

2. Usahakan Ventilasi Udara Kamar Mandi Berfungsi dengan Baik

Salah satu fungsi ventilasi udara untuk kamar mandi, bukan hanya sebagai penerang ruangan saja, tetapi juga tempat keluar masuknya udara. Sedangkan salah satu sistem kerjanya adalah menyedot udara kotor dari dalam kamar mandi lalu memasukkan udara bersih dari luar kamar mandi.

Kalau ventilasi udara kamar mandi berfungsi dengan baik, tentunya segala macam virus yang ada di dalam kamar mandi akan ikut tersedot. Akhirnya kamar mandi kembali steril sekalipun baru saja digunakan oleh anggota keluarga yang terinfeksi corona dan sedang isolasi mandiri.

3. Hindari Menggunakan Alat Mandi yang Sama

Kalau ada pertanyaan tentang bagaimana cara sharing kamar mandi dengan pasien covid, maka ada tips yang bisa dicoba yaitu hindari menggunakan alat mandi yang sama dengan si pasien. Baik sarana yang berupa sabun, shampo apalagi handuk yang digunakan untuk mengeringkan air di sekujur badan.

Penggunaan sarana mandi bergantian dengan penderita covid berpotensi menularkan virus tersebut kepada orang yang awalnya tidak terinfeksi. Akibatnya, isolasi mandiri tidak maksimal bahkan menjadi arena penularan corona (cluster) yang baru.

4. Jaga Kebersihan Kamar Mandi setelah Digunakan

Kamar mandi yang digunakan secara bergantian dengan penderita COVID-19 harus benar-benar dijaga kebersihannya. Bahkan si pasien atau keluarga yang lain harus membersihkan kamar mandi dengan serius sampai benar-benar steril. Setelah itu, biarkan beberapa saat sebelum digunakan kembali untuk membersihkan diri.

Jangan lupa untuk menyemprotkan cairan pembersih kuman (sanitizer) ke seluruh ruang kamar mandi. Termasuk ke lantai, dinding, wastafel dan kran. Ini untuk mencegah virus menempel yang berpotensi akan menular kepada keluarga yang tidak terinfeksi pada saat menggunakan kamar mandi.

Baca juga: Cara Membersihkan Wastafel yang Tepat dan Benar

Ingin Tahu Peralatan Kamar Mandi yang Cocok untuk Pasien Covid yang sedang Isoman? Lihat Saja di American Standard

Sebagai salah satu merek paling ikonik dalam peralatan sanitair, American Standard telah mendapatkan kepercayaan dari pelanggannya dengan terus-menerus memberikan gaya, kualitas, dan keandalan ke kamar mandi mereka. Didukung oleh lebih dari 140 tahun berinovasi, American Standard terus meningkatkan standar dalam memberikan solusi kamar mandi yang dapat diandalkan dengan menggabungkan desain yang bermakna dan teknologi inovatif untuk menciptakan kamar mandi yang menawarkan kenyamanan dan kinerja optimal bagi pelanggannya.

American Standard, melalui rangkaian fitur Hygieneclean memiliki beragam produk yang dapat membuat kamar mandi Anda lebih aman dari persebaran bakteri dan virus. Contohnya Touchless Toilet dari American Standard yang memiliki fitur Wave & Go untuk menyiram toilet tanpa perlu menyentuh tombol flush, sehingga mengurangi perpindahan virus dan bakteri di kamar mandi, selain itu toilet ini juga memiliki fitur ComfortClean yang secara aktif dapat membunuh bakter E.coli pada permukaan toilet.

Oleh sebab itu, kalau Anda ingin melakukan isolasi mandiri yang lebih maksimal, silakan bekerjasama dengan American Standard di sini yang siap menyalurkan perlengkapan kamar mandi yang cocok seperti yang sudah dijelaskan di atas. Anda tidak akan kecewa karena perusahaan ini siap memberikan harga termurah untuk seluruh produk canggihnya.

Link Rujukan:

https://www.halodoc.com/artikel/perhatikan-ini-jika-tinggal-serumah-dengan-pasien-corona

https://www.kompas.com/tren/read/2021/06/21/182700365/simak-ini-hal-yang-boleh-dilakukan-dan-larangan-saat-isolasi-mandiri?page=all