Ukuran Kamar Mandi Dalam Yang Sesuai Untuk Kamar Tidur Minimalis

Ukuran Kamar Mandi Dalam Yang Sesuai Untuk Kamar Tidur Minimalis

Kamar tidur merupakan ruang privat yang berfungsi sebagai tempat bagi Anda untuk memulai dan menutup hari. Ruangan kamar tidur yang nyaman membantu Anda mendapatkan waktu istirahat yang baik dan optimal bagi fisik maupun psikis.

Untuk memudahkan aktivitas sehari-hari, tak ada salahnya menambahkan kamar mandi pada kamar tidur yang Anda miliki. Penambahan kamar mandi dalam kamar tidur juga merupakan salah satu cara untuk memberikan privasi lebih bagi diri Anda terlebih bagi pasangan suami istri.

Saat ini, tren desain kamar tidur minimalis semakin digemari masyarakat. Kondisi kamar tidur minimalis bukanlah penghalang untuk menambahkan kamar mandi di dalamnya. Hal ini dapat terwujud dengan mempertimbangkan efisiensi ruang dan berfokus pada fungsi utama kamar mandi dalam.

Kamar tidur minimalis tetap nyaman saat digunakan untuk beristirahat ketika luas ruangan yang tersedia cukup memadai. Jika ukuran ruangan cukup sempit, Anda dapat mempertimbangkan untuk menambah luas ruang sebelum membangun kamar mandi dalam kamar. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyempitan ruang sehingga Anda tetap dapat bergerak dengan leluasa saat kamar mandi dalam kamar selesai dibangun.

Luas minimal ruangan kamar tidur yang ideal untuk memiliki fasilitas kamar mandi dalam adalah 12 meter persegi. Dengan luas minimal tersebut, Anda sudah dapat menambahkan kamar mandi dalam tanpa perlu melakukan perluasan kamar tidur terlebih dahulu.

Idealnya, luas kamar mandi dalam adalah seperempat sampai sepertiga dari luas keseluruhan area kamar tidur.

Beberapa rekomendasi ukuran kamar mandi yang disesuaikan dengan luas kamar tidur antara lain:

1. Kamar Mandi Dalam Berukuran 1,5m x 1,5m

Kamar mandi dengan model ruang persegi ini cocok untuk kamar tidur minimalis dengan luas 12m2. Dengan ukuran yang minimalis ini, fokuskan kamar mandi kepada fungsi esensialnya saja, seperti cukup untuk mandi dan buang air.

Agar tetap nyaman dengan ruang yang terbatas, pastikan kamar mandi dalam ini hanya diisi dengan perabot yang benar-benar diperlukan saja, seperti toilet duduk, shower, rak sabun, dan cermin dinding.

Kendati hanya berisi sedikit furniture, Anda tetap dapat memaksimalkan fungsi kamar mandi dengan pemilihan produk sanitasi yang tepat, contohnya toilet duduk tipe New Sibia Close Coupled Toilet dari American Standard. Selain ukurannya yang pas untuk kamar mandi mungil Anda, toilet ini juga dilengkapi dengan fitur water saving untuk menghemat air dan slow-closing seat and cover yang lembut dan nyaris tanpa suara saat Anda menutupnya.

Baca juga: Cara Praktis Pasang Shower Air Panas di Kamar Mandi

Untuk menambah kesan minimalis yang estetik, Anda dapat memilih warna serba putih pada kamar mandi dalam. Dengan warna putih, kamar mandi dalam akan terlihat bersih dan dapat memaksimalkan pencahayaan.

Tempatkan pot kecil berisi tanaman di salah satu sudut sebagai dekorasi manis di dalam kamar mandi Anda. Selain itu, tanaman jenis tertentu bisa menyerap bau tak sedap yang ada pada kamar mandi Anda.

2. Kamar Mandi Dalam Berukuran 2m x 1,5m

Berikutnya, ukuran 2m x 1,5m adalah ukuran kamar mandi yang cocok untuk kamar tidur minimalis. Ukuran ini dapat digunakan pada kamar tidur dengan area luas 12 meter persegi.

Posisikan kamar mandi di bagian sudut kamar yang tidak langsung berhadapan dengan ranjang. Hal ini bertujuan untuk menghindari situasi tertidur dengan menghadap ke area kamar mandi yang dapat mengurangi kualitas istirahat Anda.

Dengan ukuran 2m x 1,5m, Anda dapat meletakkan wastafel di salah satu sudut kamar mandi dan toilet duduk di sudut lainnya. Penggunaan cermin besar berbentuk lingkaran pada bagian atas wastafel juga dapat menjadi alternatif agar kamar mandi terkesan lebih luas.

3. Kamar Mandi Dalam Berukuran 2m x 2m

Untuk membangun kamar mandi dalam dengan ukuran 2m x 2m, Anda harus memiliki setidaknya sebuah kamar berukuran 16 meter persegi. Dengan ukuran kamar mandi dalam sebesar 2m x 2m ini, Anda dapat memberi pemisah antara area shower dan toilet duduk.

Pemisahan ini dibuat dari penyekat kaca yang bertujuan untuk membuat kamar mandi senantiasa kering dan bersih. Pada bagian dalam area shower Anda dapat menggunakan shower kit Signature Rainshower System dari American Standard.

Kandungan timbal yang rendah pada material Signature Rainshower System dapat menjaga kualitas air yang mengalir lebih sehat bagi kulit.

Baca juga: Cara Memasang Hand Shower dengan Tepat dan Benar

Anda dapat menambahkan area wastafel untuk kamar mandi dengan ukuran ini. Posisi wastafel dapat sejajar dengan area shower yang tertutup kaca. Gunakan Vanity dengan wastafel untuk space creation agar Anda dapat memaksimalkan ukuran kamar mandi.

Itulah rekomendasi ukuran kamar mandi dalam yang dapat disesuaikan dengan luas area kamar tidur minimalis Anda. Ingin melengkapi kamar mandi dalam Anda dengan produk bermutu tinggi? Klik di sini untuk mendapatkan produk pelengkap kamar mandi unggulan dari American Standard.

Sumber:

https://www.homeshabby.com/2020/04/inilah-ukuran-kamar-mandi-dalam-kamar.html#.YiV9kOhBzIU

https://www.rumah.com/panduan-properti/9-fakta-wastafel-agar-rumah-makin-cantik-16061