3 Floor Drain Unik yang Cocok untuk Desain Kamar Mandi Anda

Floor drain

Floor drain merupakan saringan air yang juga dikenal dengan nama avur lantai. Pemasangan benda ini dalam ruangan kamar mandi berfungsi untuk menutup lubang saluran pembuangan air. Sangat penting untuk memasang avur untuk sanitasi rumah. Terlebih pada bangunan yang memiliki jumlah kamar mandi lebih dari satu, seperti gedung perkantoran, hotel, dan lain sebagainya.

Avur mempunyai manfaat untuk menyaring kotoran, seperti rambut agar tidak masuk dalam pembuangan air yang akan membuat penyumbatan. Ada tiga macam bentuk avur lantai yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Apa saja bentuk floor drain itu?

3 Macam Bentuk Floor Drain

Floor drain mempunyai lubang atau rongga-rongga kecil yang berfungsi untuk menyaring kotoran. Sehingga tidak bisa masuk dalam saluran pembuangan yang bisa terjadi genangan. Ada tiga bentuk avur lantai, semua bentuk tersebut memiliki kecocokan dengan desain tertentu. Apa saja bentuknya? Berikut penjelasannya.

1. Berbentuk Lingkaran

Model lingkaran merupakan paling populer dan paling banyak digunakan. Model ini kurang cocok jika disandingkan dengan lantai keramik yang berbentuk persegi. Bersihkan secara rutin agar tidak terjadi genangan air karena sampah yang menumpuk di atasnya.

Avur yang berlubang ini memiliki berbagai bentuk, agar modelnya tidak monoton. Misalnya saja lubangnya bukan melulu berbentuk lingkaran, namun ada juga yang berbentuk oval panjang. Bisa juga perpaduan antara keduanya.

Lebih menariknya lagi, ada juga avur lingkaran yang lubangnya terlihat seperti batik. Sehingga terlihat estetik dan indah. ada dua macam jenis bahan untuk avur lingkaran, yaitu terbuat dari plastik dan stainless.

2. Berbentuk Kotak

Model selanjutnya adalah bentuk persegi atau kotak. Model persegi ini terlihat elegan dan mewah, karena lubangnya tidak terlihat. Diatasnya terdapat tutup, sehingga lubangnya airnya hampir tidak terlihat.

Lubangnya yang tidak terlihat karena ada tutup, membuat kamar mandi terlihat bersih dan nyaman ketika menggunakannya. Jika ingin kamar mandi terlihat unik dan modern, bisa menambahkan avur lantai berbentuk kotak.

Bukan hanya terlihat elegan, kamar mandi juga terkesan modern karena modelnya yang apik. Bentuk ini sering terlihat pada kamar mandi pribadi dengan tipe minimalis dan modern. Ada juga beberapa hotel dengan konsep yang sama lebih memilih untuk memakai avur lantai berbentuk kotak.

3. Berbentuk Persegi Panjang

Model terakhir adalah berbentuk persegi panjang. Model ini jarang terlihat, karena bentuknya lebih besar dan panjang dibandingkan dengan kedua model lainnya. Bentuk ini memiliki lubang yang terlihat seperti pada model lingkaran. Bentuknya yang panjang membuat jumlah lubangnya juga lebih banyak.

Sangat jarang ditemukan avur lantai yang berbentuk persegi panjang pada kamar mandi pribadi. Kebanyakan model ini dipakai untuk kamar mandi gedung kantoran, pabrik, atau tempat umum lainnya. Bukan hanya sebagai saluran penyaringan air, avur berbentuk persegi panjang ini juga berfungsi sebagai penghilang bau. Kebanyakan avur ini terbuat dari stainless steel. Sehingga lebih awet dan tidak mudah keropos.

Itulah berbagai model floor drain yang bisa Anda pilih. Produk floor drain terbaik untuk Anda adalah floor drain dari American Standard. Kualitasnya yang tidak diragukan karena terbuat dari bahan yang premium sehingga kuat dan awet. Anda bisa mengunjungi website resmi American Standard untuk melihat pilihan produk dan ketersediaan selengkapnya.