5 Cara Menyetel Kloset Duduk yang Memudahkan Anda

Cara menyetel kloset duduk

Kini di Indonesia tidak hanya kloset jongkok saja yang banyak digunakan oleh masyarakat. Akan tetapi juga kloset duduk. Sebab kloset duduk sendiri lebih memudahkan terutama untuk para orang tua yang sudah memiliki usia lanjut. Namun, tentunya Anda perlu tahu cara menyetel kloset duduk.

Meskipun kadang kloset duduk lebih dikaitkan dengan kondisi rumah minimalis dan modern, namun ternyata siapa sangka rumah sederhana pun kini juga sudah menerapkan kloset duduk ini. kloset duduk memang lebih dikenal sebagai kloset yang memberikan kenyamanan lebih daripada kloset jongkok. Lalu, bagaimana cara untuk menyetel kloset duduk?

Cara Menyetel Kloset Duduk

Apabila Anda memang ingin memasang closet duduk pastikan juga bahwa kamar mandi sudah dipasang dengan keramik lalu diisi dengan nad. Selain itu, hal lain yang dipersiapkan seperti saluran air bersih dengan ukuran ½ inchi pada belakang closet tersebut. Lebih lengkapnya, berikut cara menyetel kloset duduk:

1. Siapkan Alat yang Diperlukan

Hal pertama kali yang dilakukan sebelum pemasangan kloset duduk yaitu siapkanlah semua peralatan yang akan digunakan sehingga prosesnya pun bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala. Adapun alat-alat yang dibutuhkan tersebut seperti bor listrik, gergaji besi, obeng minus, obeng plus, kunci inggris, meteran ukur, lem silikon, tang kakak tua, kunci 12, kunci 10, dan kunci pipa. Kemudian siapkan juga pipa suplai air bersih serta lubang pembuangannya.

2. Bukalah Cover Toilet Set

Langkah selanjutnya adalah membuka cover atau penutup toilet. Untuk mendapatkan petunjuk Anda bisa membuka cover toilet seat. Disana sudah dijelaskan jarak antara bagian tengah pipa dengan dinding belakang kloset. Kemudian ukurlah lubang pengunci bowl. Setelah itu, tandai menggunakan pensil ataupun pena yang tidak mudah hilang tintanya. Bagi menjadi dua titik menggunakan pipa dan sisi kanan serta kiri dilubangi. Gunakan kunci 12 agar mengencangkannya.

3. Pasanglah Wax Ring

Untuk bisa memasang wax ring, maka Anda harus membalik kloset tersebut terlebih dahulu. caranya adalah menekan sisi lubang agar memastikan bahwa sisi lubang lengket. Lalu di bagian kloset duduk, pasanglah stop kran, kunci T, jet shower, dan flexible hose. Kencangkanlah bagian daratnya dengan kunci inggris.

Jika Anda mempunyai kloset yang memang sudah dilengkapi dengan bidet, pasanglah komponen T pada bagian belakang. Karena jika pemasangannya sudah dilakukan, maka pastinya Anda akan merasa kesulitan saat memasang stop krannya.

4. Pasang Kloset Duduk

Selanjutnya Anda tinggal memasang kloset pada atas lubang pipa. Masukkan lubang kaki kloset tersebut secara perlahan pada dynabolt. Pasangkan juga mur beserta ring nya. Terakhir, kencangkan dengan kunci 12. Jangan lupa untuk memasang rubber tanknya terlebih dahulu dan barulah tangka bisa dipasang. Sambungkan juga tank krim dengan flexible hose pada T.

5. Pasang Tutup Tangki dan Tekan Push Button

Setelah Anda memastikan semua terpasang dengan kencang dan benar. Maka cobalah untuk melakukan pemasangan tutup tangki dan tekan push button. Pasang seat cover lalu tekan flush untuk mengetahui ada atau tidaknya kebocoran pada tangki.

Itulah cara menyetel kloset duduk yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.Jika Anda kesulitan untuk memasang kloset duduk, maka Anda juga bisa menghubungi customer care dari American Standard. Anda cukup menghubungi melalui https://www.americanstandard.co.id/id/contact-us. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan solusi terbaik agar kloset duduk bisa terpasang dengan baik.