Anda Harus Waspada, Berikut Ini Penyebab Kamar Mandi Tidak Sehat

Kamar mandi merupakan salah satu bagian penting yang harus ada di dalam rumah. Selain untuk memenuhi sanitasi seluruh anggota keluarga, kamar mandi juga menjadi salah satu indikator kesehatan bagi para penghuni rumah.

Namun, tak sedikit yang masih mengabaikan kondisi kamar mandi rumah mereka, sehingga justru berubah menjadi kamar mandi tidak sehat. Secara tidak sadar, bahkan banyak orang melakukan kebiasaan yang menyebabkan kamar mandi tidak sehat.

Penyebab Kamar Mandi Tidak Sehat

Kamar mandi yang bersih dan nyaman merupakan cerminan kesehatan dari para penggunanya. Namun, kamar mandi bisa dibilang tidak sehat ketika kamar mandi terlihat kusam, ada kerak dan jamur di berbagai sudut, bahkan hingga menyebabkan bau tak sedap muncul.

Lalu, apa saja yang menyebabkan kamar mandi tidak sehat di dalam rumah? Pada artikel ini, Anda akan mengetahui secara singkat mengenai berbagai penyebab kamar mandi tidak sehat yang perlu Anda hindari.

1. Toilet Jarang Dibersihkan

Kamar mandi yang sehat tentu adalah yang bersih dan terbebas dari kuman. Bagian dari kamar mandi yang paling rawan menjadi sumber penyakit adalah toilet. Anda perlu membersihkan toilet dengan teratur dan teliti.

Baca juga: 4 Inspirasi Desain Kamar Mandi

Pasalnya, toilet yang jarang dibersihkan bisa menjadi sarang banyak kuman dan bakteri yang menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Anda mungkin saja menderita penyakit pencernaan, pernapasan, atau kulit karena kondisi toilet yang kotor.

Perbedaan toilet biasa dengan American Standard

Perbedaan toilet biasa dengan American Standard

Anda bisa membersihkan toilet dengan menggunakan berbagai produk kebersihan yang mengandung bahan-bahan alami yang banyak tersedia di toko. Pastikan untuk memilih produk yang ramah lingkungan untuk membersihkan toilet Anda.

Selain itu, Anda juga bisa memilih toilet dengan teknologi modern, seperti yang dimiliki oleh American Standard. Toilet keluaran American Standard dilengkapi berbagai fitur, salah satunya adalah Comfort Clean.

Industrial Microbiological Service Ltd (MSL) membuktikan bahwa fitur Comfort Clean pada toilet American Standard secara efektif menekan pertumbuhan bakteri E.coli. Dengan demikian, Anda bisa lebih hemat tenaga dalam membersihkan toilet kamar mandi Anda.

2. Ventilasi Udara yang Tidak Baik

Selain kebersihan, sirkulasi udara dan pencahayaan kamar mandi menjadi hal lain yang juga sangat perlu untuk diperhatikan. Sirkulasi udara dan pencahayaan yang cukup pada kamar mandi bisa didapatkan dengan memasang ventilasi.

Jika kamar mandi tidak memiliki ventilasi, pergerakan udara di dalam kamar mandi tidak akan teratur. Pergerakan udara yang tidak teratur tersebut membuat kondisi kamar mandi menjadi lembab dan tidak sehat.

Ilustrasi kamar mandi dengan ventilasi dan pencahayaan yang tepat

Ilustrasi kamar mandi dengan ventilasi dan pencahayaan yang tepat

Selain itu, pencahayaan yang kurang juga memungkinkan berbagai kuman dan bakteri mudah tumbuh di dalam kamar mandi Anda. Lagi-lagi, berbagai penyakit bisa saja muncul jika Anda tidak memperhatikan sirkulasi udara dan pencahayaan.

3. Jarang Membersihkan Tempat Sampah Kamar Mandi

Kebiasaan buruk kamar mandi tidak sehat yang sering tidak disadari adalah menaruh tempat sampah di dalam kamar mandi. Sebagian orang mungkin menganggap kalau keberadaan tempat sampah di dalam kamar mandi merupakan salah satu upaya untuk menjaga kebersihan.

Baca juga: Cara Praktis Pasang Shower Air Panas di Kamar Mandi

Akan tetapi, kebiasaan tersebut rupanya justru membuat kamar mandi menjadi tidak sehat. Udara yang cenderung lembab di dalam kamar mandi memberikan kesempatan bagi bakteri yang ada di tempat sampah tumbuh semakin subur. Kondisi tersebut bisa memicu berbagai masalah kesehatan pada Anda dan keluarga. Untuk itu, penting bagi Anda untuk rajin membersihkan tempat sampah kamar mandi Anda.

4. Menggantung Handuk Basah di Dalam Kamar Mandi

Apakah Anda merupakan orang yang suka menggantung handuk basah di dalam kamar mandi? Kalau iya, sepertinya Anda harus mulai mengubah kebiasaan tersebut. Handuk basah yang Anda gantung di kamar mandi bisa menjadi tempat tumbuh jamur dan bakteri.

Jika kondisi kamar mandi tidak bersih, Anda bisa saja terkena berbagai jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur dan bakteri. Bukannya sehat dan bersih, tubuh Anda malah penuh dengan penyakit.

Untuk mengatasi berbagai permasalahan itu, memasang tiang handuk dari produk American Standard di luar kamar mandi bisa menjadi cara mengatasi kamar mandi tidak sehat. American Standard memiliki tiga varian tiang handuk yang ditawarkan, yakni Acacia Evolution, Kastello, dan Seva.

Gantungan handuk Acacia Evolution

Gantungan handuk Acacia Evolution

Acacia Evolution menjadi salah satu produk tiang handuk unggulan dari American Standard. Dengan desain yang modern, Acacia Evolution mampu dipadupadankan dengan berbagai desain dan model kamar mandi di rumah Anda.

Selain itu, material utama yang terbuat dari kuningan dan besi yang dilapisi dengan krom akan membuat tiang handuk tipe Acacia Evolution tahan lama dari karat. Acacia Evolution memiliki dua model, yakni dengan 1 tiang dan 2 tiang.

Jika Anda telah mengoleksi berbagai koleksi American Standard dengan tipe Acacia Evolution dari berbagai produk lain, tiang handuk yang satu ini sangat pas untuk menjadi pelengkap koleksi milik Anda.

Demikian pembahasan mengenai berbagai penyebab kamar mandi tidak sehat yang perlu Anda perhatikan. Mulai sekarang, Anda bisa mulai memperhatikan kebersihan toilet, memasang ventilasi, menempatkan tempat sampah dan handuk basah di luar kamar mandi. Sehingga, Anda terhindar dari bahaya kamar mandi tidak sehat yang bisa mengancam kesehatan Anda dan keluarga Anda tercinta. Dapatkan produk-produk unggulan sanitasi kamar mandi Anda agar kesehatan kamar mandi Anda tetap terjaga di sini

Sumber:

https://www.pinhome.id/blog/tips-mendesain-kamar-mandi-sehat/

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3650156/wujudkan-kamar-mandi-sehat-perhatikan-hal-ini

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3652101/berbagai-penyakit-berbahaya-akibat-kamar-mandi-kotor

https://www.halodoc.com/artikel/6-kebiasaan-di-kamar-mandi-ini-berdampak-negatif-bagi-kesehatan

https://yoursay.suara.com/health/2021/08/25/112223/6-kriteria-kamar-mandi-sehat-apakah-punyamu-termasuk

KV Source:

https://americanstandard.box.com/s/k8ad7nuptdbgnon56b6gddq5j41a9690