Berbagai Model Ventilasi Kamar Mandi Terbaik untuk Rumah Anda

Ventilasi kamar mandi memang sering dianggap sebagai bagian yang kurang penting dari desain rumah. Namun, tahukah Anda betapa pentingnya ventilasi kamar mandi untuk kenyamanan dan kesehatan keluarga Anda?

Bisa dibilang, ventilasi kamar mandi merupakan komponen paling penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan udara dari sanitasi di rumah Anda. Akan tetapi, untuk menjaga nilai estetik dari rumah, Anda bisa mencari berbagai model ventilasi udara kamar mandi sesuai selera.

Kalau Anda memang belum mengetahui berbagai jenis ventilasi kamar mandi, Anda berada di artikel yang tepat. Artikel ini akan memberikan rekomendasi beberapa model ventilasi kamar mandi yang bisa menjadi opsi di rumah nantinya. Yuk, langsung simak saja penjelasan di bawah ini.

1. Model Jendela

Jendela bisa menjadi salah satu pilihan ventilasi untuk kamar mandi mandi Anda. Ada banyak pilihan jendela yang bisa kamu pilih, mulai dari yang berukuran kecil untuk ditaruh di bagian atas dinding atau berukuran yang agak besar.

Ventilasi Jendela

Ventilasi Jendela

Ventilasi jenis jendela memiliki keunggulan dalam hal pencahayaan. Anda bisa mengatur pencahayaannya dengan memasang gorden atau memilih jenis kaca yang berbeda-beda. Namun, ventilasi jendela biasanya dikombinasikan dengan berbagai jenis kaca yang bercorak.

Baca juga: Cara Memasang Hand Shower dengan Tepat dan Benar

2. Model Jalusi

Jalusi bisa menjadi pilihan bagi Anda yang suka ventilasi kamar mandi minimalis. Ventilasi jenis ini berupa kisi-kisi horizontal yang miring ke atas atau ke bawah untuk mempermudah laju udara yang ada di dalam kamar mandi.

Ventilasi kamar mandi jalusi bisa juga dibilang salah satu jenis terbaik dari sekian model ventilasi yang ada. Pasalnya, Anda tetap bisa memaksimalkan laju udara yang ada, tetapi privasi tetap terjaga.

3. Model Skylight

Kalau Anda ingin ventilasi kamar mandi yang memiliki kesan mewah, Anda mungkin bisa mencoba model skylight. Berbeda dengan ventilasi kamar mandi kecil, model skylight memiliki bentuk berupa jendela yang dipasang di atap kamar mandi.

Ventilasi jenis ini memiliki keunggulan dari segi pencahayaan yang maksimal dan memberikan kesan mewah. Akan tetapi, model skylight cukup rawan dalam hal privasi karena bagian yang cukup terbuka di bagian atas kamar mandi.

4. Model Exhaust

Jenis selanjutnya adalah ventilasi exhaust. Model yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai ventilasi kamar mandi tertutup. Hal itu dikarenakan model exhaust memanfaatkan alat bantu untuk mengalirkan udara dari dan ke dalam kamar mandi.

Model ventilasi kamar mandi exhaust pun beragam. Ada yang menggunakan mesin seperti pendingin ruangan (AC) dan ada juga yang menggunakan bantuan kipas. Selain itu, model exhaust juga sangat cocok dipadukan dengan model jalusi sebagai ventilasi kamar mandi bawah tangga.

Exhaust Fan Ventilasi

5. Model Loster

Kalau Anda ingin kamar mandi Anda sedikit lebih estetis, Anda bisa memilih model ventilasi jenis Loster. Bahan ventilasi kamar mandi jenis ini pun beraneka macam, mulai dari beton hingga keramik.

Loster biasanya memiliki berbagai macam bentuk dan motif. Pemilihan bentuk dan motif ini bisa Anda sesuaikan dengan desain kamar mandi serta rumah Anda. Hanya saja, ventilasi jenis loster ini tidak bisa ditutup layaknya model jendela.

Sekarang Anda sudah tahu berbagai jenis dan model ventilasi untuk kamar mandi Anda. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan kebutuhan dan desain rumah Anda untuk memilih ventilasi kamar mandi yang tepat. Anda bisa memilih model jendela, jalusi, skylight, exhaust, atau loster.

Baca juga: Cara Tepat Membersihkan Dinding Keramik Kamar Mandi Anda

Namun, belum lengkap rasanya kalau Anda menginginkan kamar mandi yang sehat jika hanya mempertimbangkan aspek ventilasi. Anda juga perlu memperhatikan bahan-bahan sanitasi kamar mandi yang akan Anda pasang. Sebab, ventilasi yang buruk akan menyebabkan bakteri dan kuman berkembangbiak dan serta menyebabkan masalah kesehatan dikemudian harinya.

Oleh karena itu, Anda bisa memilih untuk menggunakan perlengkapan sanitasi buatan dari American Standard. Sebagai perusahaan yang sudah bergerak dalam bidang sanitasi dengan sejarah panjang 140 tahun, American Standard menyediakan beragam kebutuhan kamar mandi dengan inovasi teknologi yang mumpuni dan ramah kesehatan.

Toilet keluaran American Standard dilengkapi dengan teknologi inovatif yang akan membantu kamar mandi Anda tetap sehat. Teknologi Comfort Clean memastikan secara efektif mengurangi pertumbuhan bakteri E.coli pada toilet Anda.

Sementara itu, teknologi Aqua Ceramic mampu membuat noda dan lingkaran kerak tidak muncul pada toilet. Dilengkapi dengan teknologi Siphonmax akan memaksimalkan pembersihan kotoran dari BAB dan BAK sehingga menjaga toilet tetap bersih dan sehat. Kunjungi website American Standard untuk mendapatkan toilet sesuai dengan kebutuhan Anda di sini.



Sumber:

https://www.99.co/blog/indonesia/desain-ventilasi-kamar-mandi/

https://www.pinhome.id/blog/beragam-model-ventilasi-kamar-mandi-terbaru/

https://www.dekorunik.com/ventilasi-kamar-mandi-minimalis/

https://www.dekoruma.com/artikel/75971/desain-ventilasi-kamar-mandi

https://www.archify.com/id/archifynow/kenali-5-jenis-ventilasi-kamar-mandi-untuk-hunian-anda