Cara Membersihkan Wastafel yang Tepat dan Benar

Cara membersihkan wastafel

Wastafel menjadi salah satu bagian penting di dapur dan kamar mandi yang harus dijaga kebersihannya dan seringkali kita abaikan. Akibatnya wastafel akan terlihat kusam dan tidak higienis sehingga sangat beresiko terhadap kesehatan kita. Selain itu, perilaku membuang kotoran atau sisa makanan ke dalam wastafel bisa berakibat penyumbatan pada saluran pipa pembuangan air kotor. Lalu bagaimana cara membersihkan wastafel yang benar?

Cara Membersihkan Wastafel

Berikut ini kami bagikan tips cara membersihkan wastafel dengan mudah:

1. Perawatan Harian

Lakukan metode “Washing, Rinsing dan Drying” dalam proses melakukan perawatan harian pada wastafel. Sebelum melakukan tahapan ini, singkirkan berbagai benda yang ada di Wastafel.

Washing : Ambil spon yang sudah dicelupkan ke dalam air sabun, lalu gosokan ke permukaan wastafel termasuk pada bagian dinding di sekitar wastafel.

Biasanya tidak hanya permukaan wastafel saja yang kotor, dinding keramik di dekatnya terkadang juga kotor. Hindari penggunaan material pembersih yang kasar seperti sikat atau kawat pembersih agar permukaannya tidak tergores. Hindari juga penggunaan bahan pembersih keramik dengan kandungan HCL (air keras) karena dapat merusak bahan logam pada kran wastafel.

Rinsing : Setelah proses Washing selesai, bilas dengan air bersih.

Drying : Keringkan seluruh permukaan wastafel dengan kain halus, ada baiknya jika dalam proses drying ini, kita berikan sedikit desinfektan agar wastafel terbebas dari kuman.

2. Saluran Air Kotor Tersumbat

Bagaimana jika saluran pembuangan air kotor wastafel Anda tersumbat?
Anda tidak perlu khawatir, pada dasarnya ada beberapa cara mengatasi sumbatan dengan mudah dan bisa kita lakukan sendiri. Salah satu cara yang bisa kita lakukan dalam mengatasi sumbatan ini adalah menggunakan Baking Soda.

Caranya :

  1. Siapkan 2 cangkir air panas.
  2. Taburkan secangkir baking soda ke dalam saluran air yang tersumbat.
  3. Lalu tuangkan air panas yang sudah disiapkan sebelumnya ke dalam saluran air tersebut dan tunggu hingga 10 menit.
  4. Kemudian tambahkan lagi satu cangkir baking soda dan satu cangkir cuka ke dalam saluran air wastafel.
  5. Tutup lubang saluran air tersebut hingga tidak ada udara yang bisa masuk ke dalamnya agar larutan cuka dan baking soda dapat bereaksi.
  6. Buka tutupnya, tunggu hingga busanya hilang jika muncul busa dari saluran air tersebut. Lalu tuangkan 2 cangkir air panas ke dalamnya.

Tips ringan ini bisa diterapkan di rumah, dan jika cara diatas tidak berhasil, langkah selanjutnya adalah dengan melepas pipa-trap atau istilah yang umum disebut “Leher Angsa” dibagian saluran pipa pembuangan air kotor pada wastafel. Cara ini akan kita ulas pada episode mendatang.

American Standard memiliki banyak produk wastafel yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan desain. Cek katalog produk di website resmi American Standard untuk melihat pilihan wastafel selengkapnya.