Cara Mudah Mengganti Kran Air dengan Benar

Cara mengganti kran air

Kran air bocor atau rusak menjadi permasalahan yang bisa sangat mengganggu jika tidak segera diatasi. Untuk mengatasinya Anda perlu tahu cara mengganti kran air dengan benar. Pada dasarnya mengganti kran memang tidak boleh dilakukan secara sembarangan, jika salah pemasangan justru akan menimbulkan masalah baru.

Cara Mengganti Kran Air Sendiri di Rumah

Berikut cara untuk mengganti kran air dengan benar:

1. Matikan Stop Kran

Langkah pertama matikan stop kran (sumber air) terlebih dulu. Pada umumnya proses mematikan stop kran adalah dengan memutar handle hingga maksimal searah dengan arah jarum jam.

2. Membuka Kran Air yang Rusak

Setelah menutup stop kran, langkah selanjutnya adalah membuka kran yang rusak. pada tahapan ini, Anda cukup memutar bagian bodi kran yang terhubung dengan dinding atau tembok berlawanan arah dari jarum jam hingga terlepas. Namun, jika kran air terpasang dengan baut (contoh kran pada wastafel) sebelum membuka mur baut kran, lepaskan terlebih dahulu selang flexible yang terhubung ke bodi kran.

3. Bersihkan Permukaan Dudukan Kran Air

Setelah kran terlepas, biasanya jika kran air yang digunakan sudah cukup lama, maka akan ada banyak kotoran yang menumpuk di bagian dudukan krannya. Agar nanti air yang dialirkan di kran yang baru bisa lebih bersih, sebaiknya bersihkan permukaan dudukan kran tersebut hingga bersih dari kotoran yang menumpuk.

4. Memasang Kran Air

Untuk jenis kran dinding, dalam proses memasang kran ke saluran pipa air bersih di dinding, wajib menggunakan material tambahan berupa seal tape yang berguna untuk mencegah kebocoran. Caranya lilitkan seal tape ke bagian ulir/drat body kran secukupnya, setelah itu kran bisa dipasang.

Untuk jenis kran wastafel/kran meja, proses pemasangan dengan cara memasukan bodi kran kelubang kran kemudian pasang mur dari bawah dan kencangkan secukupnya (sebaiknya ikuti petunjuk pemasangan yang ada dalam kemasan). Setelah itu hubungkan selang flexible ke bodi kran dan kencangkan secukupnya.

5. Tes Fungsional dan Kebocoran

Dalam tahapan ini, langkah yang kemudian dilakukan adalah, membuka stop kran terlebih dahulu dan setelah itu buka kran air, perhatikan aliran airnya serta sambungannya. Pastikan tidak ada kebocoran pada tiap-tiap sambungan.

Itulah beberapa cara untuk mengganti kran air sendiri. Setelah mengetahui cara mengganti kran air yang sudah rusak atau bocor tersebut, bisa membantu Anda memperbaiki kran air secara mandiri di rumah. Produk kran dari American Standard menawarkan kualitas material yang baik sehingga kuat dan awet. Silahkan cek katalog resmi di website American Standard untuk melihat pilihan produk selengkapnya.