Cara Mudah Pasang Kran Wastafel di Dapur Anda

Cara pasang kran wastafel

Kran wastafel di dapur merupakan hal yang sangat penting. Untuk itulah dalam pemasangannya juga harus Anda lakukan dengan benar. Cara pasang kran wastafel sebenarnya cukup mudah dan bisa Anda lakukan sendiri. Berikut ini langkah pemasangan yang dapat Anda tiru di rumah.

Cara Pasang Kran Wastafel Dapur

Berikut ini tata cara pasang kran wastafel dapur:

1. Matikan Jalur Pipa untuk Air Dingin dan Panas

Beberapa kran wastafel ada yang menggunakan dua jenis pipa, panas dan dingin. Namun juga ada yang hanya menggunakan 1 jenis air saja. Sebelum memasang kran wastafel pastikan untuk mematikan aliran pipa tersebut yg biasanya terletak di bawah wastafel. Putar searah jarum jam.

2. Biarkan Kran Dapur Tetap Terbuka

Hal ini bertujuan untuk memastikan aliran air yang ada benar-benar sudah berhenti.

3. Buka Kran Dapur

Hal ini bertujuan untuk memastikan saluran air sudah benar-benar tertutup. Pastikan untuk air yang berada di tiap kran sudah habis sepenuhnya dan tidak bersisa.

4. Lepaskan Kran Dapur

Sebelum melepaskan kran pastikan untuk melepas baut yang mengunci kran pada wastafel. Biasanya terletak pada tempat kran terhubung dengan wastafel, di bawah wastafel. Berbeda jika baut terletak pada bagian atas wastafel Anda harus melepaskan plat dudukan di bawah dan pegangan kran untuk melepas baut.

5. Bersihkan Wastafel

Setelah baut terlepas langkah berikutnya adalah membersihkan permukaan wastafel agar keran baru terpasang pada permukaan yang bersih. Hilangkan kotoran dengan pisau dempul, jangan lupa untuk menghilangkan karat dan juga jamur yang barangkali ada.

6. Pada Dudukan Kran Pasang Dempul Baru

Jika kran yang akan digunakan terdapat dudukan karet atau plastik pasangkan itu pada lubang yang tersedia. Sebaliknya apabila kran Anda terletak pada pelat dudukan atau dudukan karet maka pasang dempul pada dudukan kran. Pasang dempul pada tempat dudukan kran dan tekan dengan perlahan

7. Pasang Kran yang Baru

Tiap kran biasanya terdapat petunjuk pemasangan plat dudukan dan langkah memasangnya, ikuti petunjuk produsen kran yang Anda punya. Pada pelat dudukan pasangkan 2 baut. Lalu pasang kran setelah plat dudukan atau bersamaan dengan plat dudukan.

8. Jangan Lupa Pasang Dudukan Kran dan Cincin Penutup

Pastikan baut yang terpasang sudah benar-benar kencang. Tekan plat dudukan dan juga kran bagian tengah dengan menggunakan mur atau cincin penutup untuk memastikannya. Jangan lupa untuk mengikuti petunjuk produsen yang tersedia, lalu kencangkan mur dengan menggunakan tangan Anda. Pastikan plat dudukan berada ditempat yang tepat dan pastikan keduanya terpasang dengan kencang dan tidak terlalu kencang juga.

9. Bersihkan Wastafel

Setelah itu bersihkan sisa-sisa dempul yang biasanya masih tersisa pada wastafel dan kran dengan pisau kater atau bisa juga pisau dempul.

10. Hubungkan Pipa Air

Setelah semuanya dilakukan Anda dapat kembali menyambungkan pipa air yang tadi Anda matikan. Kencangkan pipa air yang menghubungkan penerima pipa air pada kran dengan menggunakan tangan. Kemudian kencangkan jalur pipa air menggunakan kunci inggris. Namun juga pipa air yang Anda punya sudah nampak rapuh dan usang Anda dapat mengganti dengan yang baru.

11. Nyalakan air

Setelah memastikan kran dapur di posisi mati, nyalakan kembali aliran air. Perhatikan dengan seksama ada tidaknya rembesan ataupun kebocoran dalam posisi keran mati ataupun menyala. Jika sudah tidak ada kebocoran kran wastafel Anda sudah dapat digunakan.

Itulah tata cara pasang kran wastafel dengan mudah yang dapat Anda coba dirumah. Untuk mendapatkan kualitas terbaik Anda bisa memilih produk kran wastafel dari American Standard. Tidak hanya memiliki desain yang bagus, namun juga dilengkapi dengan fitur dan teknologi canggih. Cek katalog produk di website American Standard untuk melihat pilihan selengkapnya.