Cara Mudah Untuk Menghilangkan Bau Kamar Mandi

Cara Mudah Untuk Menghilangkan Bau Kamar Mandi

Kamar mandi merupakan sarana sanitasi yang sangat penting bagi kehidupan. Berbagai aktivitas yang berhubungan dengan kebersihan dan kesehatan diri dilakukan di dalam kamar mandi, mulai dari mandi hingga buang air kecil maupun besar.

Aktivitas-aktivitas yang bertujuan untuk menjaga kesehatan tersebut tentu memerlukan kamar mandi yang higienis. Dengan higienitas yang terjaga di dalam kamar mandi, kegiatan membersihkan diri pun akan terlaksana dengan maksimal.

Namun, ada kalanya kamar mandi mengeluarkan bau tidak sedap. Bau ini muncul melalui berbagai faktor penyebab seperti kebocoran pipa saluran pembuangan yang tersumbat karena jarang dibersihkan.

Penumpukan kotoran pada saluran yang tersumbat menyebabkan kuman dan jamur berkembang biak. Hasilnya, bau yang ditimbulkan dari kotoran-kotoran pada saluran pembuangan menguap dan muncul ke permukaan kamar mandi.

Bau got kamar mandi dapat menjadi semakin tajam dan sangat mengganggu jika dibiarkan terus-menerus.

Simak beberapa tips berikut yang dapat dilakukan sendiri untuk menghilangkan aroma tidak sedap dari kamar mandi dengan mudah.

1. 1. Menutup Saluran Penyebab Bau

Temukan saluran yang menjadi sumber bau kamar mandi dan identifikasi permasalahannya. Jika terjadi penyumbatan atau kebocoran lakukan perbaikan terlebih dahulu agar saluran dapat berfungsi dengan baik.

Setelah memastikan air pada saluran dapat mengalir lancar, tutup saluran dengan menggunakan floor drain berbentuk mangkuk atau berpenutup rapat. Hal ini dapat mengantisipasi agar bau pada saluran pembuangan tidak berbalik ke kamar mandi.

Menutup Saluran Penyebab Bau

2. 2. Rutin Membersihkan Kamar Mandi

Membersihkan kamar mandi secara rutin dapat mencegah timbulnya bau tak sedap.

Sisa-sisa hasil kotoran dapat dengan mudah rontok dan tidak berkerak jika kamar mandi rutin dibersihkan.

Setidaknya, bersihkan kamar mandi satu kali dalam seminggu. Anda dapat menggunakan sikat khusus toilet dari American Standard yang memiliki teknologi membersihkan secara ampuh tanpa merusak lapisan permukaan kamar mandi. Selain itu, desain futuristik dari sikat toilet American Standard menjaga kamar mandi anda terlihat tetap estetik saat diletakkan pada sisi mana pun.

Jika anda rutin menyikat dan menggosok kamar mandi dengan sikat toilet American Standard kamar mandi anda akan terbebas dari bau tak sedap dan tetap nyaman digunakan.

3. 3. Gunakan Keramik Berwarna Terang Untuk Lantai Kamar Mandi

Penggunaan keramik berwarna terang membuat Anda dapat dengan mudah membersihkan area kamar mandi.

Selain itu, keramik berwarna terang juga akan membuat kotoran lebih mudah terlihat sehingga Anda dapat membersihkannya lebih ampuh sampai ke sela permukaan. Setelah sering dibersihkan, bau kamar mandi pun enggan muncul ke permukaan.

Gunakan Keramik Berwarna Terang Untuk Lantai Kamar Mandi

4. 4. Letakkan Pengharum Ruangan

Pengharum ruangan dapat menggantikan bau got dengan aroma yang lebih enak. Anda bisa menggantungkannya dekat dengan sumber bau di dalam kamar mandi.

Jika bau yang timbul tidak terlalu tajam, Anda tak perlu menunggu lama untuk mendapatkan aroma segar pada kamar mandi Anda setelah meletakkan pengharum ruangan.

5. 5. Bahan Alami Penghilang Bau

Selain menggunakan pengharum ruangan, Anda juga dapat menggunakan beberapa bahan alami untuk menghilangkan bau kamar mandi seperti biji kopi dan campuran cuka dengan baking soda.

Cara menyamarkan bau kamar mandi dengan biji kopi adalah dengan menempatkan biji kopi yang sudah disangrai pada salah satu sudut kamar mandi Anda yang tidak terkena air. Ganti biji kopi secara berkala jika aroma kopi sudah memudar.

Bahan alami penghilang bau lainnya adalah campuran cuka dan baking soda. Buatlah larutan cuka dan baking soda, lalu siramkan ke sudut-sudut kamar mandi yang bau.Diamkan beberapa saat, kemudian gosok dengan menggunakan sikat khusus kamar mandi. Setelah selesai, bilas dengan air bersih dan voila kamar mandi Anda bebas bau dan noda membandel.

6. 6. Tempatkan Tanaman Penghilang Bau

Selain menggunakan cara-cara di atas, Anda juga bisa menempatkan tanaman penghilang bau di dalam kamar mandi. Selain meningkatkan kualitas udara dan menyerap racun, tanaman-tanaman ini dapat mempercantik dekorasi kamar mandi Anda.

  • Aloe Vera

Tanaman aloe vera atau lidah buaya merupakan jenis tanaman hias yang dapat tumbuh dengan mudah di berbagai tempat, termasuk di kamar mandi.

Selain dapat menghilangkan bau tak sedap di kamar mandi, aloe vera juga

dapat menurunkan kadar karbondioksida di malam hari.

Aloe vera juga dapat mendetoksifikasi udara dari bahan kimia seperti formaldehyde dan benzene. Letakkan aloe vera di dekat jendela kamar mandi atau di bagian yang paling terang pada kamar mandi Anda.

  • Anggrek

Tanaman anggrek dapat menyamarkan bau kamar mandi. Selain itu, tanaman ini juga menyukai area yang lembab sehingga cocok ditempatkan di kamar mandi. Bentuk dan warnanya yang indah akan membuat kamar mandi Anda semakin sedap dipandang mata.

  • Lidah Mertua

Lidah mertua adalah salah satu jenis tanaman hias yang mudah ditemukan. Selain sebagai tanaman dekorasi, lidah mertua dapat meningkatkan kualitas udara di sekitar tempat tumbuhnya.Selain dapat menghilangkan bau, lidah mertua juga menyerap gas beracun dalam sebuah ruangan.

  • Mint

Selain sebagai campuran dari berbagai macam produk, mint juga bisa dijadikan alternatif penghilang bau pada kamar mandi. Tanaman mint memiliki aroma khas yang menyegarkan. Selain aromanya yang terkesan bersih dan fresh, tanaman mint juga mampu menyerap kelembapan dalam kamar mandi.

  • Eucalyptus

Tanaman eucalyptus mengeluarkan aroma khas yang tidak disukai serangga. Daunnya sering dijadikan campuran lotion anti nyamuk dan minyak telon. Aroma dari eucalyptus dapat melegakan pernapasan manusia dan menyamarkan bau lain yang mengganggu seperti bau got kamar mandi.

Jika Anda ingin menempatkan eucalyptus di dalam kamar mandi, pastikan kamar mandi Anda memiliki ventilasi udara dan dapat terkena sinar matahari langsung.

Itulah sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau pada kamar mandi. Selain itu, gunakan produk kamar mandi berkualitas dari American Standard yang memiliki teknologi Aqua Ceramic yang mencegah noda dan lingkaran kerak menempel pada permukaan keramik.

Tak hanya itu, teknologi ComfortClean yang dimiliki produk American Standard juga dapat mencegah bakteri E.coli penyebab bau. Jadikan kamar mandi Anda bebas bau dan lebih mudah dibersihkan dengan produk berkualitas dari American Standard di sini.

Sumber:

https://www.99.co/blog/indonesia/tanaman-penghilang-bau-kamar-mandi/

https://www.rumah.com/berita-properti/2017/11/164750/cara-ini-bikin-kamar-mandi-bebas-bau-tak-sedap