Cara Pasang Shower Tanam yang Praktis untuk Anda

Cara pasang shower tanam

Keberadaan shower memang sangat penting untuk sebuah kamar mandi, beberapa jenis kran shower yang ada dipasaran, menawarkan design serta fungsional yang bermacam-macam. Salah satu jenis kran shower adalah shower tanam atau istilah lain disebut dengan Concealed atau in Wall. Jenis Shower tanam memiliki salah satu kelebihan yaitu membuat ruangan kamar mandi menjadi praktis dan terkesan bersih.

Cara pasang shower tanam agak berbeda dengan kran shower exposed, banyak orang beranggapan bahwa memasang shower tanam sangat sulit. Padahal sebenarnya tidak seperti yang dibayangkan oleh kebanyakan orang. Anda bisa melakukan sendiri tanpa harus memanggil tukang atau teknisi. Lalu, bagaimana cara pemasangannya? Simak informasinya berikut ini yuk!

Cara Pasang Shower Tanam untuk Kamar Mandi

Jika Anda tertarik untuk menggunakan shower tanam maka Anda bisa melakukan pemasangan sendiri. Sebelumnya, siapkan dulu unit shower yang akan Anda tanam, setelah itu pemasangan bisa mulai Anda lakukan. Berikut cara pemasangan shower tanam yang tepat pada kamar mandi Anda:

1. Tentukan Lokasi Shower Tanam

Shower tanam akan Anda pasang di dinding, oleh karena itu sebelum memasangnya Anda juga harus menentukan lokasi dinding mana yang paling tepat. Penentuan ini menjadi sangat krusial karena shower tanam tidak memiliki fleksibilitas seperti shower yang memiliki selang. Sekali Anda menanam shower tersebut, maka lokasinya tidak akan bisa Anda ubah-ubah lagi. Jadi pastikan bahwa tempat memasangnya sudah benar dan sesuai dengan keinginan.

2. Persiapkan Instalasi Pipa yang Sudah Dipersiapkan Sesuai Fungsi

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan instalasi pipa untuk shower tanam. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah proses pemasangan shower nantinya. Pastikan Anda sudah menyiapkan instalasi untuk pipa yang sudah dibedakan untuk air dingin, air panas, dan juga wall shower. Jangan lupa untuk mengukur pipa agar pas saat dipasang dan tidak perlu ribet memotong pipa lagi jika terlalu panjang.

3. Pasang Pipa Pada Brass Body

Setelah menyiapkan pipa, yang harus dilakukan adalah memasang pipa untuk 3 jalur. Pertama untuk air dingin, panas dan juga wall shower. Jangan lupa juga untuk memastikan sambungan pipa sudah menyatu erat dan tidak mengalami kebocoran.

4. Pemasangan Kepala Shower

Sesuai dengan namanya, shower tanam maka jalur instalasi air melalui pipa pada shower berada di dalam dinding. Artinya hanya kepala shower yang nampak dan dipasang sesuai dengan penempatan yang diinginkan. Pastikan bahwa kepala shower sudah terpasang dengan tepat dan jangan sampai ada kesalahan pemasangan karena ini bisa menyebabkan shower menjadi tidak menjadi optimal fungsinya.

5. Pengecekan Ulang

Setelah semua komponen terpasang, maka langkah selanjutnya adalah pengecekan. Lakukan pengecekan apakah shower tanam Anda dapat berfungsi secara baik, air mengalir dengan lancar. Jangan pernah mengabaikan pentingnya pengecekan karena setelah dinding Anda tutup, maka shower akan sulit untuk Anda pastikan lagi keadaannya. Jadi, pastikan pemasangan sebelumnya sudah benar-benar berjalan dengan sempurna.

6. Tutup Dinding

Sebelum menutup dinding pastikan sekali lagi sambungan instalasi pipa sudah terpasang dengan erat untuk mengurangi resiko rembesan dan kebocoran. Jika sudah yakin, maka proses pemasangan shower tanam selesai, dan Anda bisa menutup kembali dinding pemasangan shower.

Nah itulah tahapan pemasangan shower tanam yang tepat dan bisa dicoba dirumah. Shower tanam bisa memberikan keindahan dan kemudahan tersendiri pada kamar mandi Anda. Shower tanam juga lebih praktis dan tentunya juga mengurangi resiko selang shower yang terlilit. American Standard memiliki berbagai produk shower yang berkualitas dan memiliki teknologi terkini. Cek katalog produk di website resmi American Standard untuk detail dan pilihan produk selengkapnya.