Cara Perawatan Kran Shower yang Bisa Anda Lakukan Sendiri

Kran shower

Kini hampir di setiap rumah, hotel, apartemen, dan perkantoran sudah memiliki kamar mandi yang dilengkapi kran shower. Sayangnya, ada kalanya kran shower pada beberapa rumah sangat cepat sekali rusak, padahal baru saja dibeli beberapa bulan yang lalu. Sehingga Anda harus memahami bagaimana cara perawatan kran shower yang benar. Lalu, bagaimana cara perawatan itu?

Cara Perawatan Kran Shower yang Benar

Inilah beberapa cara untuk merawat kran pada shower agar senantiasa bagus dan awet:

1. Bersihkan Bagian Luar Permukaan Shower

Cara pertama adalah selalu membersihkan bagian luar permukaan shower. Apabila masih basah keringkan shower menggunakan kain halus, sehingga bagian permukaannya tidak lecet. Setelah mandi shower sering tidak dibersihkan akibatnya muncul kerak di permukaan. Ini berlaku untuk kran yang berbahan krom dan stainless.

Berikan cairan pembersih khusus untuk lapisan permukaan. Gosoklah dengan kain halus. Diamkan cairan beberapa lama agar menempel dengan sempurna. Jika cairannya sudah kering, dibersihkan lagi dengan kain halus. Bilaslah dengan air agar menghilangkan sisa dari serbuk. Terakhir keringkan kembali.

2. Bersihkan Bagian dalam Shower

Tidak hanya bagian luar permukaannya saja yang perlu Anda berikan, akan tetapi juga bagian dalam dari shower. Di bagian dalam shower biasanya faktor air yang paling mempengaruhi. Misalkan saja air mengandung kotoran ataupun zat kapur. Akibatnya menghambat lubar dari keluarnya air shower.

Apabila telah banyak menumpuk bisa menyebabkan air keluar dengan sangat kecil. Untuk membersihkannya, bukalah selang fleksibel yang terdapat di bagian hand shower. Putar berlainan arah pada kedua alat. Cucilah saringan yang sedang tersumbat.

Gunakan jarum untuk mengeluarkan kotorannya. Setelah semua kotoran keluar bilas lagi sampai bersih. Sedangkan untuk membersihkan bagian head shower nya dengan diputar dan bersihkan saringan.

Bagian control cartridge juga perlu Ana bersihkan. Caranya yaitu bukalah tuas dan tombol control dengan kunci L. selanjutnya buka ring dengan kunci inggris. Lapisilah dengan kain agar tidak ada goresan. Cabut control cartridge lalu dibersihkan dan jika sudah silahkan dipasang kembali.

Terakhir bagian dalam yang perlu dibersihkan adalah sput kran shower. Saat membukanya sebaiknya sput Anda lapisi dengan kain agar tidak terjadi goresan di permukaannya. Cuci bersih dan lakukan pemasangan kembali. Berbagai komponen shower ini harus Anda bersihkan secara berkala.

3. Atasi Kebocoran Shower Set

Tidak hanya permasalahan air tersumbat saja, kebocoran juga menjadi hal utama yang perlu diperhatikan. Kebocoran biasanya terletak pada bagian antara ujung pipa instalasi air. Maka dari itu, sebaiknya ketika memasang drat shower pada pipa gunakanlah seal tape agar bisa menghindari kebocoran. Kemudian pastikan juga karet seal di kedua drat sudah terpasang dengan baik.

Kebocoran juga bisa terjadi karena catridge mixed pecah atau longgar. Sehingga Anda harus membuka tuas dan bukalah ring cover lalu memutarnya ke arah kiri. Ini bisa Anda buka tanpa menggunakan alat. Kencangkanlah cartridge yang kendor dengan kunci inggris. Jangan lupa untuk memasang kembali ring serta tuas.

Itulah cara melakukan perawatan pada kran shower. Adapun hal penting lainnya adalah Anda harus membaca semua petunjuk yang sudah tertera di bukunya. Lalu pastikan juga produk yang dibeli terdapat sparepart dan bergaransi.

Produk kran terbaik untuk shower berasal dari produk American Standard. Ada berbagai bentuk, tipe, dan model kran yang siap untuk Anda pilih dengan kualitas unggulan. Silahkan kunjungi https://www.americanstandard.co.id/id/bathrooms/bath-showers untuk melihat pilihan produk selengkapnya dari American Standard.