Cara Tepat Membersihkan Dinding Keramik Kamar Mandi Anda

Cara membersihkan dinding keramik kamar mandi

Keramik merupakan material bangunan yang harus rutin dibersihkan dan perawatan khusus, terlebih keramik kamar mandi yang mudah kotor karena tempatnya yang lembab. Untuk itu Anda harus membersihkannya secara rutin. Berikut ini cara tepat membersihkan dinding keramik kamar mandi yang dapat Anda coba dirumah

5 Cara Tepat Membersihkan Dinding Keramik Kamar Mandi

1. Membersihkan Dinding Keramik Kamar Mandi dengan Cuka

Larutan cuka juga dapat dimanfaatkan sebagai cairan pembersih yang sangat mudah didapatkan. Selain dapat membersihkan, larutan cuka juga dipercaya dapat membunuh bakteri dan mencegah pertumbuhannya. Berikut ini langkah-langkah membersihkan dinding kamar mandi menggunakan larutan cuka:

  1. Pertama siapkan setengah gelas cuka putih dan juga setengah galon air
  2. Campurkan kedua bahan tersebut dan aduk hingga rata
  3. Masukkan air campuran cuka dan air yang telah dibuat tadi pada botol –botol kecil dan terdapat semprotan
  4. Larutan cuka siap digunakan dengan cara menyemprotkannya ke dinding keramik lalu bersihkan.

2. Membersihkan Dinding Keramik dengan Baking Soda

Baking soda atau soda kue yang biasa digunakan di dapur juga dapat digunakan untuk membersihkan dinding kamar mandi yang kusam lho. Memiliki kandungan natrium bikarbonat menjadikan baking soda dapat membantu mencerahkan keramik kamar mandi, karat, jamur bahkan mencegah pertumbuhan bakteri. Berikut ini cara penggunaan baking soda untuk membersihkan dinding keramik kamar mandi Anda:

  1. Pertama siapkan baking soda dan juga spons yang lembab untuk membersihkan
  2. Cara membersihkannya sangat mudah, Anda dapat menaburkan baking soda tersebut pada dinding keramik dan tunggu beberapa saat
  3. Lalu gosok permukaan yang sudah terkena baking soda dengan menggunakan spons yang lembab tadi
  4. Bilas hingga bersih

3. Membersihkan Dinding Kamar Mandi dengan Sitrun (Asam Sitrat)

Asam sitrat merupakan kandungan yang dapat ditemui pada berbagai jenis peralatan pembersih rumah tangga. Namun jika Anda berniat menggunakan cara alami, kandungan asam sitrat juga dapat ditemukan pada lemon dan juga jeruk nipis. Berikut ini tata cara penggunaan jeruk nipis atau lemon untuk membersihkan dinding kamar mandi:

  1. Gunakan perasan air jeruk nipis atau lemon, siapkan 1 sendok makan air perasan untuk masing-masing
  2. Campurkan keduanya
  3. Pindahkan larutan tersebut pada botol dengan semprotan
  4. Semprotkan larutan tersebut pada dinding kamar mandi Anda lalu bersihkan

4. Membersihkan Dinding Kamar Mandi dengan Kaporit

Bubuk kaporit dapat digunakan untuk keperluan bersih-bersih, termasuk membersihkan dinding kamar mandi Anda. Berikut cara membersihkan dinding kamar mandi Anda dengan menggunakan kaporit:

  1. Pertama siramkan air panas pada dinding yang ingin dibersihkan
  2. Selanjutnya Anda dapat menaburkan bubuk kaporit pada permukaan yang sudah terkena air panas
  3. Diamkan kurun waktu 30 menit lalu gosok permukaan dinding tersebut hingga bersih dan kemudian sikat dan bilas hingga bersih

5. Membersihkan Dinding Kamar Mandi dengan Pembersih Khusus Kerak

Cara yang paling simple adalah dengan menggunakan pembersih khusus kerak yang dapat ditemukan di toko yang menjual perlengkapan kebersihan. Anda cukup menyiapkan wadah dan menuangkannya, gosokkan cairan tersebut pada dinding kamar mandi dan sebelum membilas diamkan setelah beberapa menit.

Nah itulah tadi 5 cara membersihkan dinding kamar mandi yang dapat Anda tiru dirumah. Jangan lupa untuk memakai alat perlindungan seperti sarung tangan karet sebelum bersih-bersih untuk melindungi dari resiko iritasi. Lakukan cara ini secara rutin supaya dinding kamar mandi Anda selalu bersih dan terawat!