Perlu Tahu 7 Jenis Keran Air dan Fungsinya

Keran air

Keran air memiliki fungsi yang penting untuk mengalirkan air. Tidak hanya satu, ada berbagai jenis keran yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan. Harga untuk jenis keran air yang berbeda pastinya tidak sama. Sehingga Anda harus pandai memilih yang tepat agar fungsi kerannya pun lebih maksimal dan juga usahakan untuk terlihat senada dengan ruangan. Lalu, apa saja jenis dari keran untuk air itu?

7 Jenis Keran Air dan Fungsinya

Sebelum membeli kran air, pastikan Anda sudah mengetahui jenis keran dan fungsinya. Tujuannya agar Anda bisa mendapatkan keran yang memang sesuai dengan kebutuhan. Inilah beberapa jenis keran tersebut:

1. Keran Air Cabang

Keran cabang adalah keran dengan dua lubang yang pembuangannya berada dalam satu alat. Jenis keran air cabang ini punya bentuk yang unik. Lain halnya dengan keran yang hanya memiliki satu lubang pembuangan. Keran ini biasanya digunakan untuk keperluan aktivitas luar rumah. Misalkan seperti mencuci mobil dan menyiram tanaman.

2. Keran Angsa

Adapun jenis keran ini disebut dengan angsa sebab bentuknya panjang yang menyerupai leher angsa. Keran ini berbahan stainless steel, PVC atau plastik. Kemudian lebih sering digunakan untuk keperluan dapur dan juga di kamar mandi yang bernuansa minimalis.

3. Keran Cartridge

Keran ini jarang sekali Anda temui di rumah-rumah. Perbedaannya terletak pada mekanisme handle keran yang harus ditarik ke bagian atas agar kerannya nyala. Uniknya yaitu Anda bisa sesuaikan suhu dari air.

4. Keran untuk Air Taman

Pastinya Anda sudah bisa menebak bahwa jenis keran air ini digunakan untuk taman dan dapat diposisikan pada sudut tembok luar rumah. Keran ini punya ulir di bagian ujungnya yang berperan untuk menyambungkan si keran dengan selang air. Kadang juga dilengkapi tempat gembok sehingga tidak bisa digunakan sembarang orang.

5. Keran Otomatis dan Sensor

Jenis keran ini sangat mewah sekali dan beberapa restoran sudah menggunakannya. Anda tidak perlu lagi repot-repot untuk memutar keran ini. sebab ia mempunya sensor tangan. Usai mencuci tangan, Anda juga tidak perlu lagi untuk mematikannya. Karena aliran air akan tertutup dengan sendirinya. Harganya memang lebih mahal dibandingkan keran lain karena modelnya yang sangat canggih dan elegan.

6. Keran Air Shower

Tidak hanya Anda temui pada shower mandi saja, gagang shower juga digunakan pada keran dan bahkan kini termasuk salah satu jenis keran yang populer digunakan. Untuk dapur Anda maka keran ini sangat cocok digunakan sebab bisa menghemat pengeluaran air ketika mencuci piring. Adapun material dasar dari keran shower ini adalah PVC, stainless steel, dan plastik.

7. Jenis Keran Air Kunci

Untuk Anda yang suka mengalami masalah saat mengunci keran, sebaiknya gunakan ekran jenis ini. sebab ia akan terkunci dengan sangat rapat. Sehingga tidak ada tetesan air yang akan keluar saat keran dikunci.

Kemudian keran kunci ini juga banyak sekali tersedia di pasaran. Anda pun tidak perlu jauh-jauh untuk membelinya. Lalu harganya yang sangat terjangkau membuat jenis keran ini memiliki banyak peminat.

Itulah jenis keran air beserta fungsinya yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Salah satu rekomendasi keran terbaik adalah produk keran dari American Standard. Ada berbagai model dan tipe keran yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, tidak hanya berkualitas desain dari keran American Standard juga elegan dan bisa semakin mempercantik tampilan rumah Anda.