Tips dan Trik Organizer Dapur yang Rapi, Bersih, dan Sederhana

Dapur merupakan bagian yang sangat penting bagi ibu-ibu rumah tangga. Kebersihan dan kerapian dapur juga bisa menentukan kualitas kenyamanan dan kesehatan rumah Anda. Sebenarnya, Anda bisa menggunakan organizer dapur untuk membantu dapur Anda terlihat lebih rapi dan bersih.

Namun, menggunakan organizer dapur tidak bisa sembarangan. Anda perlu memperhatikan berbagai aspek agar dapur bisa terlihat benar-benar rapi, bersih, tetapi tetap simpel. Nah, artikel ini adalah jawaban yang tepat untuk Anda yang ingin menata ulang dapur milik Anda.

Berikut kami jabarkan berbagai tips menata ulang dapur dengan organizer agar terlihat lebih rapi, bersih, dan tentunya tidak ribet.

1. Lebih Mudah dengan Klasifikasikan Barang

Hal pertama yang bisa membuat dapur Anda terlihat lebih rapi adalah dengan mengklasifikasikan barang yang ada di dapur. Proses klasifikasi ini bisa Anda lakukan di organizer lemari dapur atau laci dapur.

Misalnya saja, Anda meletakkan berbagai panci menjadi satu tempat di lemari dapur atau Anda menempatkan berbagai spatula di dekat kompor dengan menggunakan tempat spatula.

Klasifikasi barang sesuai jenisnya akan memudahkan Anda untuk mengambil alat yang Anda butuhkan. Selain itu, kesan rapi dan tertata akan Anda dapatkan dengan melakukan klasifikasi terhadap barang yang ada di dapur.

Baca juga: Cara Membersihkan Wastafel yang Tepat dan Benar

2. Manfaatkan Setiap Sudut Tempat di Dapur

Luas dapur di setiap rumah tentu berbeda-beda, tetapi tidak ada salahnya jika Anda memanfaatkan setiap sudut yang ada di dapur rumah Anda. Misalnya, Anda menggunakan laci dapur untuk memanfaatkan ruang-ruang di bawah kompor atau sink.

Perlu diketahui, organizer laci dapur bagus untuk menyimpan berbagai barang yang sering Anda gunakan. Misalnya Anda sering menggunakan panci atau penggorengan tertentu, Anda bisa menaruh kedua barang tersebut di laci dapur pada bagian bawah kompor.

Selain itu, Anda juga bisa memilih kabinet bawah dapur dengan pintu yang memiliki gantungan atau rak untuk tutup panci. Intinya, jangan sampai ada tempat di dapur yang tidak bisa Anda manfaatkan untuk membuat dapur Anda terlihat lebih rapi dan tertata.

Penyimpanan dapur

Penyimpanan dapur

3. Gunakan Laci Dapur

Seperti yang sudah disampaikan pada poin sebelumnya, laci dapur bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin melihat dapur Anda lebih rapi dan tertata. Selain Anda mudah menjangkau barang yang Anda butuhkan, laci dapur juga membuat barang-barang yang sudah usang tidak terlihat.

Bahan organizer laci dapur pun bisa bermacam-macam. Ada yang dari PVC, kayu, stainless steel, dan masih banyak lagi. Anda bisa memilih sesuai dengan desain dapur atau selera Anda. Lalu, kualitas baik organizer laci dapur apa saja?

Sebenarnya, tidak ada bahan tertentu yang sempurna kualitasnya untuk dijadikan organizer laci dapur.

Anda mungkin butuh organizer laci dapur yang berbentuk U untuk digunakan di bawah sink, tetapi Anda suatu saat mungkin butuh yang berbentuk kotak biasa untuk diletakkan di bawah kompor.

Baca juga: Cara Mudah Mengganti Kran Air dengan Benar

4. Jangan Biarkan Sampah Mengganggu

Tips terakhir yang sangat penting dan perlu diperhatikan adalah penempatan sampah bekas masakan atau makanan. Penempatan tempat sampah yang berada di luar kadang mengganggu pemandangan dan penciuman para penghuni rumah.

Nah, Anda bisa menempatkan tempat sampah pada laci khusus tempat sampah. Penggunaan laci khusus tempat sampah ini tidak hanya akan membuat dapur Anda nampak bersih, tetapi juga membuat bau sampah tidak memenuhi dapur Anda.

Namun, jangan lupa untuk mengecek secara rutin apakah sampah yang ada di situ sudah penuh atau belum. Selain itu, pisahkan sampah organik dengan anorganik ya agar dapur Anda tidak hanya bersih, tetapi bumi ini tetap terjaga.

Akan tetapi, berbicara dapur yang rapi, bersih, dan tertata akan kurang kalau Anda belum memiliki dapur yang elegan dan cantik. Untuk melengkapi dapur Anda agar tidak hanya rapi, tetapi juga elegan Anda bisa menggunakan produk kran dapur yang diproduksi oleh American Standard.

American Standard sebagai perusahaan penghasil produk sanitasi dengan sejarah panjang 140 tahun selalu mengedepankan kualitas untuk kran dapur terbaik untuk Anda. Dengan desain yang modern dan bahan material pilihan, kran dapur American Standard sangat cocok untuk membuat dapur Anda semakin indah. Saat ini, American Standard memiliki tujuh desain kran dapur yang bisa Anda pilih.

Seluruh kran dapur keluaran American Standard sudah dilapisi dengan krom sehingga membuat kran tahan lama dan tidak mudah berkarat. Terlebih lagi, karat pada kran dapur bisa mengurangi estetika dari desain dapur Anda.

Tertarik untuk menggunakan kran dapur dari American Standard? Kunjungi website American Standard untuk mendapatkan aksesoris kebutuhan dapur Anda di sini.

Sumber:

https://www.casaindonesia.com/article/read/4/2018/509/Sudah-Dicoba-15-Cara-Menata-Dapur-Sederhana-dan-Rapi

https://www.femina.co.id/home-interior/4-trik-menciptakan-storage-tambahan-di-dapur-kecil

https://interiordesign.id/storage-dapur/

https://www.venace.com/id/5-penyelenggara-kabinet-dinding-terbaik-untuk-dapur-pada-tahun-2021/