Yuk, Simak Serba Serbi tentang Dapur Kotor!

Ilustrasi Dapur Bersih

Ilustrasi Dapur Bersih

Ada banyak rumah yang memiliki dapur kotor dan dapur bersih. Dapur adalah ruangan yang penting bagi setiap rumah, setiap makanan lezat yang disantap berasal dari dapur. Jika rumah Anda hanya memiliki satu dapur, Anda pasti akan penasaran tentang dapur kotor.

Dapur kotor dan dapur bersih sebenarnya memiliki fungsi yang berbeda. Biar Anda tidak penasaran lagi, yuk, simak artikel di bawah ini tentang serba-serbi dapur kotor!

Alasan Ada Dapur Kotor dan Dapur Bersih

Dapur kotor dan dapur bersih mayoritas dimiliki oleh rumah yang ada di Benua Asia. Hal tersebut karena proses memasak hidangan Asia sangat rumit dan tak jarang membuat dapur kotor. Alasan adanya dapur ini agar Anda bisa fokus saat menyiapkan masakan, serta tidak mengganggu anggota keluarga lainnya.

Berbeda dengan dapur kotor, dapur bersih dibuat agar Anda bisa memotong buah, memanaskan kue, atau kegiatan sederhana lainnya. Anda bisa melakukan kegiatan tersebut tanpa perlu takut kecipratan minyak atau bahan masakan lainnya yang belum sempat dibersihkan.

Fungsi Dapur Kotor Rumah

Dapur kotor memiliki fungsi untuk menyiapkan hidangan lezat yang berpotensi membuat dapur berantakan. Tak hanya memasak, segala aktivitas persiapan sebelum memasak seperti memotong daging, mencuci bahan masakan, dan aktivitas lainnya dilakukan di dapur ini. Aktivitas ringan lainnya juga bisa Anda lakukan di dapur kotor.

Letak Dapur Kotor

Biasanya dapur kotor terletak di luar ruangan, serta berada di ruangan paling belakang. Berbeda dengan dapur bersih yang dibuat menyatu dengan ruangan lainnya. Desain dapur kotor sendiri juga lebih sederhana. Selain itu, alasan terletak di luar ruangan agar dapur memiliki sirkulasi udara yang baik mengingat fungsinya sebagai ruangan yang memasak beraneka ragam hidangan.

Baca juga: Cara Mudah Mengganti Kran Air dengan Benar

Peralatan Dapur Kotor

Dapur kotor memiliki peralatan yang lebih banyak dan kompleks mengingat fungsinya. Peralatan masak mulai dari pisau, wajan, blender, chopper, kompor, oven, dan berbagai macam peralatan lainnya tersedia di dapur kotor. Dapur bersih biasanya hanya menyediakan peralatan dasar seperti pisau, talena, dan lain sebagainya.

Tips Merawat Dapur Kotor

Dapur kotor digunakan untuk memasak hidangan ringan maupun kompleks setiap harinya. Tentu saja aktivitas ini akan menghabiskan banyak peralatan kotor, atau noda-noda yang muncul selesai memasak.

Walaupun namanya dapur kotor, bukan berarti dapur selalu kotor dan tidak bersih. Dapur yang bersih memengaruhi kesehatan Anda dan keluarga. Jika tidak bersih, kuman-kuman yang ada di dapur bisa berada di makanan dan masuk ke tubuh. Simak, tips merawat dapur kotor agar selalu bersih.

1. Bersihkan Dapur Kotor setelah Memasak

Poin pertama ini memang kelihatannya mudah dilakukan, namun faktanya banyak yang abai. Menunda membersihkan dapur kotor seringkali dapat membuat Anda lupa. Selain itu, noda yang dihasilkan setelah memasak lebih gampang dibersihkan.

2. Jangan Membiarkan Tempat Sampah Penuh

Alangkah baiknya setelah memasak di dapur kotor, Anda langsung membuat sampah. Membiarkan tempat sampah penuh sama saja membiarkan bakteri tumbuh. Bakteri yang terlampau banyak bisa saja ada di makanan yang Anda masak.

3. Bersihkan Wastafel Seusai Mencuci Peralatan Dapur.

Bersihkan wastafel seusai mencuci peralatan dapur. Jangan biarkan noda bekas memasak menempel di wastafel, sehingga nantinya sulit dibersihkan. Nah, berbicara soal wastafel perhatikan juga kran air yang digunakan. Jangan sampai kran air bocor dan memenuhi area dapur kotor.

Baca juga: Cara Membersihkan Wastafel yang Tepat dan Benar

Anda harus menggunakan kran air yang berkualitas agar dapur kotor selalu terjamin kebersihannya. Jika Anda sedang mencari kran air yang berkualitas nan elegan kran dapur dinding seri Winston dari American Standard adalah jawabannya. Kran dapur Winston American Standard memiliki fitur durashine dengan finishing krom yang mengkilap dan menghasilkan kilau tahan lama.

Tak hanya seri Winston, American Standard juga menyediakan berbagai jenis produk kran air yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Anda dapat melihat katalog kran air yang beraneka ragam di sini.

Bagaimana? Tertarik untuk memiliki dapur kotor di rumah ? Adanya dapur kotor dan dapur bersih memiliki banyak kelebihan dibandingkan hanya memiliki satu dapur. Jangan lupa gunakan kran air dari American Standard agar dapur selalu bersih dan higienis.

Referensi :

1. https://www.pinhome.id/blog/dapur-kotor/

2. https://www.klopmart.com/article/detail/5-merek-kran-air-berkualitas-dan-awet-digunakan-jangka-panjang